Adu Manismu Dengan Manisan Khas Turki Ini

warga di sekitar Anda di Makasar, Jakarta Timur
45225 medium post 52028 883f29d2 bedf 4fa7 b997 12253cc2c12c 2019 01 07t15 03 21.810 07 00
Assalamualaikum Atmaguys, selamat siang. Semoga panasnya matahari tidak melunturkan semangat kita semua ya.

Siang ini rasanya enak juga ditemani yang manis manis, apalagi dengan secangkir kopi. Hmm, pasti enak. Nah, kali ini saya mau berbagi resep manisan khas Turki yang sering disebut Lokum atau Turkish Delight. Manisan ini memiliki tekstur yang mungkin bisa disebut seperti dodol ya kalau kata orang Indonesia. Rasanya manis, warnanya beragam, dan dilapisi tepung gula atau tepung maizena.

Banyak orang beranggapan kalau manisan ini sulit dibuat, sedangkan kalau beli mahal. Jadilah banyak yang cuma bisa ngiler aja. Padahal kita bisa buat sendiri di rumah, meskipun butuh ketekunan sih hehe. Nih, simak resepnya ya Atmaguys!


Bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan A :

100 ml Air matang

200 gr Gula pasir

2 sdm Air lemon (me : jeruk nipis)

100 ml Sirup mawar (opsional, boleh pakai marjan atau bisa diganti dengan pewarna makanan)

Bahan B :

45 gr Tepung maizena

1 sdt Cream of tartar

250 ml Air

Bahan tambahan :

Tepung maizena sangrai

Tepung gula halus

Minyak goreng

Langkah Membuat :


1. Campur bahan A dalam panci aduk hingga rata, didihkan air gula dengan api sedang selama 15 menit. Sampai air gula agak mengental. Dinginkan.

2. Campur bahan B dalam wajan anti lengket aduk rata. Masak dengan api kecil, aduk-aduk terus selama 5 menit hingga mengental dan berwarna putih transparan.

3. Setelah mengental, masukan bahan A pada bahan B sambil diaduk terus dengan api kecil, selama 30 menit (Semangat buibuk >_<). Jika Atmaguys, tidak memiliki sirup Mawar atau marjan, pada tahap ini boleh ditambahkan pewarna makanan sesuai selera sambil terus diaduk. Angkat adonan setelah matang dan kalis.

4. Siapkan cetakan yang sudah di lapisi minyak goreng. Tuang adonan dalam cetakan. Diamkan selama 2 jam hingga dingin.


5. Setelah dingin keluarkan dari cetakan, potong sesuai selera, gulung-gulung pada maizena sangrai yang sudah dicampurkan dengan tepung gula halus.


Turkish delight siap di sajikan, simpan di tempat tertutup ya Atmaguys. Oh iya, akan lebih nikmat lagi kalau ditaburi kacang pistachio diatasnya dan dinikmati sambil meminum kopi. Selamat mencoba ^_^
Sudah dilihat 81 kali

Komentar