Ada Perusahaan Tekstil akhir tahun ini hengkang dari Bekasi

42444 medium screenshot 20181212 103902
Bekasi diperkirakan akhir tahun akan kehilangan Perusahaan Tekstil, nantinya akan sangat berimbas pada lapangan kerja, penguatan hengkangnya Perusahaan tersebut didapat dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bekasi yang mendeteksi ada dua atau tiga perusahaan garmen atau tekstil bakal hengkang dari Kabupaten Bekasi pada akhir tahun 2018.
Nantinya Perusahaan tersebut akan menjual asetnya untuk membayar upah buruhnya sekaligus membuat perusahaan di lokasi yang UMKnya terjangkau untuk kestabilanperusahaan tersebut
Ketua Apindo Bekasi Sutomo mengatakan, fenomena itu terjadi karena hasil produksi dengan nilai upah yang dikeluarkan tidak seimbang.
Diketahii tahun 2019 UMK Bekasi capai Rp. 4,1 juta, ini yang buat perusaahaan tersebut berat mengimbangu pendapatan dengan pengeluaran.
"Sebetulnya peristiwa penjualan aset perusahaan bukan hal pertama, karena jauh sebelumnya, ada beberapa perusahaan besar di Kabupaten Bekasi yang sudah lebih dulu hengkang," kata Sutomo, Selasa (11/12/2018).
Sebelumnya Sony dan Sanyo sudah terlebih dahulu hengkang dari Bekasi, Indonesia.
"Jadi tidak imbang antara pemasukan yang diterima perusahaan dengan pengeluaran," ujarnya.
Iya menambahkan jika sudah sampai UMK sebanyak itu, jelas mencari wilayah yang lebih murah adalah solusi terbaik.
"Kalau ongkos produksinya sudah mahal mereka jelas mencari wilayah yang lebih murah," ucapnya.
Selanjutnya dirinya menambahkan di tahun 2017 ada 5 perusahaan tekstil yang hengkang.
"Tahun 2017 lalu sudah ada lima perusahaan tekstil yang hengkang, sekarang ini kembali juga ada perusahaan yang hengkang," ucapnya.
Sumber: wartakotalive.com
Sudah dilihat 29 kali

Komentar