ADA 99 DESA WISATA DI NTB, APAKAH DESAMU TERMASUK ? CEK DISINI

61291 medium post 66845 888480a7 c03a 4e22 be91 6814d2e3a8e9 2019 05 16t04 43 26.419 08 00
Pengembangan sektor pariwisata terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya dengan ditandatanginya Surat Keputusan (SK) oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah (Bang Zul), terkait penetapan 99 desa pariwisata yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota yang ada di NTB.

20 desa yang sedang disiapkan tersebut antara lain Senaru, Kerujuk, Sembalun, Bebidas, Tete Batu, Kembang Kuning, Sapit, Aik Berik, Setanggor, Mas-mas, Bilebante, Sukarare, Aik Nyet, Sesaot, Pusuk, Suranadi, Mantar, Bungin, Pancasila, dan Kawinda Toi.

99 desa wisata yang menjadi target Pemprov NTB itu sendiri antara lain di Kota Mataram yaitu Tanjung Karang, Jempong Baru, Karang Pule dan Sayang Sayang. Sedangkan di Lombok Barat ditetapkan 13 desa wisata, yaitu Buwun Mas, Mekar Sari, Pusuk Lestari, Pelangan, Senggigi, Banyumulek, Lingsar, Senteluk, Karang Bayan, Gili Gede Indah, Sekotong Barat, Batu Putih dan Labuan Tereng.

Di Lombok Tengah, yaitu Sukarara, Marong, Mertak, Lantan, Kuta, Labulia, Bonjeruk, Sepakek, Selong Belanak, Mekar Sari, Karang Sidemen, Rembitan, Aik Berik, Tanak Beak, Penujak dan Sengkol. Sedangkan di Lombok Timur ditetapkan 18 desa wisata, yaitu Tetebatu, Sembalun Bumbung, Kembang Kuning, Pringgasela, Tanjung Luar, Jeruk Manis, Sekaroh, Sembalun Lawang, Lenek Ramban Biak. Jerowaru, Labuhan Pandan, Sugian, Lenek Pesiraman, Bebidas, Senanggalih, Seriwe, Sapit dan Sembalun.

Di Lombok Utara 8 yaitu Senaru, Pemenang Barat, Genggelang, Sokong, Karang Bajo, Santong, Medana dan Gili Indah. Sedangkan di Sumbawa ada 9 desa wisata, yaitu Pulau Bungin, Marente, Batudulang, Lantung, Labuan Aji, Labuan Jambu, Lenangguar, Teluk Santong dan Lepade.
.
Di Kabupaten Bima ada Kawinda Toi, Piong, Labuhan Kenanga, Oi Panihi, Sambori, Maria, Soro, Risa, Panda dan Tolotangga. Sedangkan Di Kabupaten Dompu ada sembilan desa wisata, yaitu Saneo, Malaju, Pancasila, Huu, Doropeti, Riwo, Madaprama, Nangamiru dan Lanci Jaya.

Di Kota Bima yaitu Kolo, Dara, Kumbe dan Ule. dan di Sumbawa Barat ditetapkan 8 desa wisata, yaitu Mantar, Tatar, Pototano, Labuhan Kertasari, Labuhan Lalar, Beru, Pasir Putih dan Sekongkang Atas.

Source : insidelombok
Foto : Lombok Experience
Sudah dilihat 59 kali

Komentar