Poktan Mendek Bersama Babinsa Cabut Benih Padi Situ Bagendit

28 July 2019, 12:15
3 0 32
Gambar untuk Poktan Mendek Bersama Babinsa Cabut Benih Padi Situ Bagendit
Mojokerto, - Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto Serda Budi Darsono membantu petani mencabut dan memindahkan bibit padi yang siap untuk ditanam di lahan sawah milik Wito, Dusun Mendek, Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Minggu (28/07/2019).

Serda Budi Darsono saat mendampingi petani menggungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan kali ini mencabut benih padi Varietas Situ Bagendit yang sudah berumur 25 hari.

Seperti kita ketahui bersama, selama proses tanam padi, tahapan yang dikerjakan meliputi penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan ataupun proses lainnya hingga masa panen.

Masih lanjut Babinsa, di antara proses penyemaian dan penanaman benih padi ada satu fase yang harus dilalui yakni Ndaut (bahasa Jawa), yaitu pencabutan dan pengambilan bibit padi siap tanam dari tempat penyemaian.

"Ndaut dilakukan pada saat bibit padi sudah siap untuk ditanam atau siap untuk ditandurkan dengan umur bibit sekitar 24 sampai 26 hari setelah penyemaian, seperti yang dilakukannya saat ini dengan terjun langsung ke sawah mendampingi dan membantu petani, mencabut benih padi siap tanam," bebernya.

Serda Budi Darsono berpesan dan
menghimbau kepada para petani agar mengupayakan percepatan masa persiapan tanam, sehingga target produksi padi dapat meningkat dan secara otomatis ketahanan pangan di wilayah akan tercapai.

  Komentar untuk Poktan Mendek Bersama Babinsa Cabut Benih Padi Situ Bagendit

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!