9 Khasiat Gula Merah untuk Kesehatan

27638 medium 9 khasiat dan manfaat gula merah untuk kesehatan dan efek sampingnya 600x343 %281%29
27639 medium 9 khasiat dan manfaat gula merah untuk kesehatan dan efek sampingnya 600x343 %281%29
KhasiatBahan Makanan
Gula merah tidak hanya digunakan sebagai bahan pemanis pada makanan atau minuman, tetapi juga dapat menjadi obat penawar untuk banyak penyakit. Manfaat gula merah untuk kesehatan seperti mencegah sembelit, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Manfaat Gula Merah

Manfaat Gula Merah
Berikut 9 manfaat gula merah bagi kesehatan :

1. Mencegah Sembelit
Gula merah dapat membantu mencegah dan meringankan sembelit dengan cara merangsang buang air besar. Ini akan mengaktifkan enzim pencernaan dalam tubuh kita dan dengan demikian membantu dalam pencernaan makanan anda.

2. Mencegah Anemia
Gula merah juga merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi, yaitu mineral yang memainkan peran kunci dalam produksi hemoglobin. Oleh karena itu, dengan makan secukupnya akan gula merah benar-benar dapat memenuhi kebutuhan harian anda akan zat besi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan membuat tubuh tetap sehat sangat tergantung pada sistem kekebalan tubuh kita. Gula merah sarat dengan antioksidan dan mineral seperti seng dan selenium, yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan juga meningkatkan ketahanan terhadap infeksi.

4. Kesehatan Kulit
Gula merah sangat bagus untuk kulit anda. Gula merah dapat manjaga kulit anda tetap sehat dan menawan. Jika anda memiliki jerawat pada kulit anda, disarankan untuk mengkonsumsi gula merah secara rutin untuk mendapatkan kulit yang indah dan mulus.

5. Membantu Menyembuhkan Batuk dan Demam
Gula merah merupakan obat tradisional untuk menyembuhkan batuk dan demam. Jika anda tidak suka mengkonsumsi gula merah dalam bentuk mentah, anda dapat mengolahnya menjadi sesuai yang anda suka.

6. Memberikan Tambahan Energi
Ketika anda merasa lelah, mengkonsumsi gula merah dapat menjadi solusinya. Gula merah dapat menyediakan energi secara instan. Hal terbaik tentang gula merah adalah bahwa gula merah dapat dicerna dan diserap secara bertahap yang pada akhirnya tidak akan menaikkan tingkat gula darah secara singkat.

7. Membantu Mencegah dan Menyembuhkan Asma
Gula merah sering dianjurkan untuk penderita asma karena merupakan obat yang bagus dalam membantu menyembuhkan asma. Gula merah memiliki sifat yang mengatur suhu tubuh, yang sangat baik untuk penderita asma. Gula merah juga memiliki sifat anti alergi.

8. Mengurangi Nyeri Sendi
Jika anda menderita nyeri sendi, konsumsilah gula merah. Mengkonsumsi gula merah dengan sepotong jahe secara rutin dapat membantu anda dalam mengatasi nyeri sendi. Gula merah juga baik untuk penderita migrain juga.

9. Mengurangi Nyeri Haid
Banyak wanita menahan rasa sakit yang terjadi selama siklus menstruasi mereka. Jika anda juga memiliki masalah ini, dengan mengkonsumsi gula merah dapat membantu anda dalam mengurangi rasa sakit pramenstruasi. Setidaknya konsumsilah sekali sehari.

Perhatian dan Efek Samping Mengkonsumsi Gula Merah

Meskipun tidak terdapat efek samping dari mengkonsumsi gula merah, tetapi gula merah mengandung kalori yang sedikit tinggi. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang sedang melakukan diet penurunan berat badan atau penderita diabetes, harus mengontrol konsumsi gula merah ini karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan fluktuasi kadar gula darah.

Cara terbaik adalah untuk berkonsultasi dengan ahli gizi anda sebelum anda mulai mengkonsumsi gula merah untuk mengetahui berapa banyak asupan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa gula merah memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat gula merah untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Ketumbar serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.
Khasiatsehat.com

Komentar