80 KK Warga Pasar Ikan Sudah Tempati Rusun Marunda

18 April 2016, 22:31
39 1 106
Gambar untuk 80 KK Warga Pasar Ikan Sudah Tempati Rusun Marunda
Jakarta - Warga RW 04 kampung Aquarium, Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara kini mulai menempati Rusun Marunda, Cilincing.

Kepala Unit Pengelola Rusun Sewa (UPRS) Wilayah 1 Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Jakarta Suharyanti mengatakan, saat ini sudah 80 KK warga Pasar Ikan yang menempati rusun. Mereka kebanyakan warga kampung Aquarium yang datang secara bergelombang sejak eksekusi pembongkaran beberapa waktu lalu.

"Ada 80 KK. Kami sebar di Cluster A, Cluster B dan Cluster C. Paling banyak dipindahkan ke rusun Marunda Cluster B," kata Suharyanti saat dihubungi di Marunda, Jakarta Utara, Senin (18/4/2016).

Dia melanjutkan, saat ini ada 20 unit rusun di Rusun Marunda yang masih kosong. Dan unit itu memang diperuntukkan bagi warga RW 04 Pasar Ikan yang belum mendapatkan rusun.

"Kami memiliki sisa 20 unit rusun yang masih kosong dan dapat ditempati warga Pasar Ikan yang belum mendapat rusunawa," tambah Suharyanti.

Belum Ada Modal Usaha

Suharyanti mengakui, saat ini pemerintah belum memberikan modal usaha berupa gerobak atau tempat usaha bagi seluruh warga Pasar Ikan. Adapun gerobak yang kini ada masih untuk warga Kalijodo.

"Warga pindahan Pasar Ikan ini memang belum kami berikan lapak atau gerobak khusus. Gerobak-gerobak itu yang sudah dibuatkan, dialokasikan bagi eks warga Kalijodo kemarin," ujar Suharyanti.



BACA JUGA
Diduga Jual Beli Rusun 'Bodong', Pria di Marunda Diringkus
Yang Tersisa dari Pasar Ikan dan Kampung Aquarium
PSK Kalijodo Pindah ke Lokalisasi Kolong Jembatan Marunda
Meski begitu, pihaknya berjanji segera memberi lapak atau tempat usaha bagi warga Pasar Ikan. Dengan harapan mereka bisa memulai usaha barunya di Rusun Marunda.

"Kedepannya, kami bakal memfasilitasi tempat usaha bagi warga korban relokasi Pasar Ikan dan Kampung Akuarium. Nanti warga akan memiliki sumber penghasilannya sendiri selama tinggal di rusun," tambah Suharyanti.

Warga Pasar Ikan Mandiri

Tidak mau hanya menunggu pemberian lapak dan gerobak dari pemerintah, kini warga Pasar Ikan banyak yang memulai sendiri menjalankan usaha di rusun atau daerah sekitarnya. Adapun bahan-bahan pembuatan gerobak, mereka bawa dari lokasi rumahnya yang dulu.

"Jadi mereka membuat sendiri dengan bahan-bahan yang mereka bawa dari tempat asalnya. Warga pindahan Pasar Ikan tersebut secara mandiri sudah mulai membuat dan menempati kios-kios yang ada di lantai dasar unit rusun masing-masing," jelas Suharyanti.

Dia menyebut, untuk membantu perekonomian warga pindahan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan menata ulang kembali seluruh fasilitas sosial dan fasilitas umum berupa kios yang ada di Rusun Marunda. Baik itu di Cluster A, Cluster B atau Cluster C sesuai kategori jenis jualan masing-masing.(Liputan6.com)

  1 Komentar untuk 80 KK Warga Pasar Ikan Sudah Tempati Rusun Marunda

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Warga AtmaGo

Al Hamdulillah...Mudah-mudahan tempatnya nyaman.