7 Tip Sukses Melamar Pekerjaan Impian Anda

21501 medium 7 tip sukses melamar pekerjaan impian anda
Pernahkah Anda membayangkan rumitnya pekerjaan seseorang di bagian HRD atau SDM suatu perusahaan. Apalagi di saat musim perekrutan pegawai, bagian SDM tentu akan menerima banyak sekali lamaran yang masuk lewat email. Jumlah lamaran yang diterima tentu akan lebih fantastis lagi untuk lowongan pekerjaan PNS (Pegawai Negeri Sipil).
 
Artikel ini sengaja dimulai dari sudut pandang pemberi kerja (badan pemerintah atau perusahaan swasta) untuk memahami proses apa saja yang ditempuh pemberi kerja dalam menapis ratusan, bahkan ribuan lamaran kerja yang masuk. Tentu saja ada banyak faktor dalam menentukan keberhasilan, bisa saja karena beruntung atau timing yang tepat, dsb. Namun, setidaknya artikel ini dapat memaksimalkan peluang agar lamaran kamu diterima.
 
Berikut 7 tip sukses dalam melamar pekerjaan impian kalian:

Baca deskripsi pekerjaan dengan teliti

Kelihatannya sepele tapi kesalahan yang satu ini berakibat fatal. Biasanya pemberi kerja sengaja mencantumkan kode pada lowongan. Kode tersebut bisa berupa angka atau perintah singkat yang harus dilakukan pelamar dalam surat lamarannya. Misalnya: “Cantumkan kode ADM-301 pada subyek lamaran” atau “tulis kata “SEMANGAT!” tiga kali pada surat lamaran”. Hal kecil ini memang disengaja oleh pemberi kerja untuk mengetes apakah kamu termasuk orang yang serius dan teliti.
 

Bukan surat lamaran copas
#JamanNow memang sangat mudah, tinggal cari di Gugel semuanya ada, termasuk juga dengan contoh surat lamaran. Bosan nggak sih jika kamu disuruh membaca surat lamaran hasil copas dari inet berulang kali? Pastikan surat lamaranmu orisinal dan tunjukkan kreativitas kamu dalam berkarya.
 

Ulang kata kunci yang tercantum pada lowongan

Nah yang satu ini tip kekinian banget! Tahu gak kalo #JamanNow banyak sekali perusahaan yang menggunakan software (perangkat lunak) yang bernama ATS (Applicant Tracking System). Software ini berfungsi memudahkan kerja HRD untuk menapis pelamar mana yang cocok dengan deskripsi pekerjaan yang telah diiklankan. Jadi sebaiknya CV dan surat lamaran diisi dengan kata kunci yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang telah diiklankan pemberi kerja.
 

Sesuaikan CV dengan deskripsi pekerjaan yang dilamar

Yang ini masih ada hubungannya dengan poin ke-tiga diatas tentang penggunaan software ATS. Pastikan lamaran dan CV kamu relevan dengan deskripsi pekerjaan yang telah diiklankan. Jangan sampai mengirimkan CV yang tidak relevan, misalnya: mencantumkan pengalaman sebagai atlet olahraga basket di lowongan “Accounting”.
 

Pastikan tidak ada saltik di CV dan surat lamaranmu

Saltik atau salah ketik memang kelihatan sepele, apalagi bagi #KidsJamanNow yang sering mengetik di medsos. Seringkali ditemukan kesalahan kapitalisasi dan pengejaan yang membuat kamu kelihatan sebagai orang yang kurang teliti dan sabar.
 

Benahi laman medos kamu

Nah di #JamanNow ini penting banget! Jangan sampai postingan kamu waktu masih alay atau galau kamu masih berseliweran di dunia maya. Malu-maluin kan, kalo sampai tim HRD nemuin foto-foto atau postingan iseng kamu di medsos.
 

Minta bantuan teman untuk membaca ulang lamaran kamu

Ketika kamu sudah ikhtiar dan semua langkah sudah kamu lakukan, tidak ada salahnya meminta teman, senior, kakak, atau orang tua membaca kembali surat lamaran dan CV kamu. Dan pastinya minta doa dan dukungan mereka juga, semoga lamaran kerja kamu diterima dan kamu bisa traktir mereka makan-makan :)
 
Cita-cita dan impian orang memang berbeda-beda, ada yang pengen kerja di perusahaan swasta ada juga yang pengen jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Apapun cita-citamu, persiapkanlah diri secara baik-baik. Semoga sukses!
Mari berbagi info bermanfaat dengan warganet lain di AtmaGo.com! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga

Komentar