64 Kasus kebakaran di Palu Selama Enam Bulan

9 July 2019, 11:28 WIB
4 0 49
Gambar untuk 64 Kasus kebakaran di Palu Selama Enam Bulan
Melewati semester 1 Tahun 2019, Dinas Pemadaman kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu mencatat telah terjadi sebnayak 64 kasus kebakaran di Kota Palu.

"Diantara 64 kasus kebakaran yang terjadi di enam bulan terakhir ini, penyebabnya didominasi korsleting listrik (arus pendek) dan sebagian besar terjadi pada pemukiman warga," kata Kepala Bidang (Kabid) Penindakan dan Pencegahan, Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu Darmansyah.

dia berharap kepada warga agar dapat memahami tehnik pemadaman api, sekalipun itu bersifat sementara agar kebakarannya tidak meluas.

Menurutnya, dalam upaya menekan terjadinya kebakaran yang disebabkan arus pendek listrik, maka pihaknya telah mengimbau warga, termasuk yang ada di hunian sementara (huntara), dengan melibatkan pihak terkait lainnya.

"Sejauh ini banyak pihak lain yang telah membantu mengimbau, seperti dari TNI AL, BPJS dan sebagainya, termasuk melakukan praktik cara memadamkan api sebelum unit Damkar tiba di lokasi,'ujarnya.

Dalam hal, kata dia, pemadaman yang dilakukan melalui Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR).

"olehnya kita juga mengimbau kepada seluruh elemen baik pemerintah maupun swasta kiranya dapat menyediakan APAR di setiap kantor mereka,"harapnya.

lebih lanjut dia mengatakan, edukasi terkait kebakaran juga sudah dilakukan pihaknya kepada warga, termasuk yang masih kanak-kanak.

"sejauh ini sudah banyak sekolah TK yang telah kami kunjungi sebagai langkah pengenalan kepada mereka tentang bahaya api dan sebagainya," ujarnya.

saat ini, Dankar juga telah mempunyai Tim Reaksi cepat (TRC) yang pada bulan Mei lalu telah memgikuti pelatihan yang melibatkan sejumlah lembaga, diantaranya PMI, Basarnas dan BPBD serta sejumlah OPD lainnya.

Dari 180 personel Damkar yang ada, pihaknya telah membentuk TRC dengan kekuatan personel sebnayak 50 orang.

Sumber : Mall Al-Khairaat

  Komentar untuk 64 Kasus kebakaran di Palu Selama Enam Bulan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!