6 Titik IPAL Komunal di Bangun di Kebonharjo

3 0 91
Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari APBD Kulon Progo tahun 2020 untuk Kalurahan Kebonharjo salah satunya diwujudkan dalam bentuk pengolahan limbah cair berupa IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) komunal. Langkah ini diambil atas dasar rencana aksi Pemerintah Kalurahan Kebonharjo dalam rangka meningkatkan kualitas hidup di bidang permukiman warga. Berbagai kegiatan seperti bedah rumah, perbaikan MCK dan sarana air bersih telah digencarkan dan kini penanganan pembuangan rumah tangga menjadi fokusnya.

Pembuangan limbah rumah tangga hampir di sebagain besar warga belum dikelola dengan baik, sehingga kondisi permukiman cenderung tidak menguntungkan bagi kesehatan warga. Di Kebonharjo masih terdapat pekerjaan rumah dalam penanganan stunting, malaria dan demam berdarah. Langkah ini diambil sebagai salah satu antisipasinya.
Pengelolaan limbah rumah tangga oleh warga terjadi kecenderungan dialirkan ke sungai, sedangkan sungai juga dimanfaatkan untuk kebutuhan air bersih.
Dari 6 titik yang direncanakan 1 titik berlokasi di padukuhan Kleben dan 2 titik dinpadukuhan Kaliduren. Kedua lokasi tersebut di pilih karena sangat berdekatan dengan ekosistem sungai Kebonharjo. Harapannya air limbah yang dialirkan ke sungai akan menjadi air yang bersih dan ramah terhadap kehidupan.
Sementara itu 3 titik lainnya berada di wilayah padukuhan Gowok. Lokasi ini dipilih karena alasan kepadatan penduduk dan kerentanan longsor tiap tahunnya. Banyaknya debit air yang masuk diwilayah permukiman menjadikan wilayah ini rentan terhadap kejadian longsor. Dengan IPAL Komunal menejemen air limbah keluarga akan terkelola dan dalirkan diluar wilayah permukiman. Selain itu akan dikembangkan kemanfaatnya untuk mensuplay kebutuhan air untuk perkebunan buah wilayah tersebut.
Proyek ini telah dimulai sejak bulan Juli 2020 dalam tahapan sosialisasi dan ditargetkan rampung di bulan September 2020. Saat ini capaian progres telah mencapai 50 prosen dengan alokasi dana sebesar sekitar 179 juta rupiah.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Semangat Harlah KOPRI dari Pulau Putri

    Nensi Indri  di  Gresik  |  30 Nov 2020
  2. Suro Amerta Surokarsan Titik Finish Gowes Bareng Promosi Wisata Kampung

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  29 Nov 2020
  3. TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  4. Cegah Pendemi Covid-19, Samatri Chapter Bekasi Utara Lakukan Penyemprotan Disinfektan

    Indra Gunawan  di  Bekasi Utara, Bekasi Kota  |  1 Dec 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    Hayya 'Alal Jihad Itu Lafazh Bid'ah Dalam Azan

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kemang, Bogor Kabupaten  |  30 Nov 2020
  3. 1
    Komentar

    Jurus Jitu Camat Menurunkan Angka AKI-AKB

    Sarip Hidayatulloh  di  Parungkuda, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  4. 0
    Komentar

    Keutamaannya Jika Kamu Baca Al-Qur'an

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cengkareng, Jakarta Barat  |  28 Nov 2020