6 Tips Aman Pakai Lensa Kontak Bagi Penderita Alergi Mata Konjungtivitis

29204 medium post 38292 44d2574e fafc 40ae 986e f551719d755f 2018 07 31t19 28 18.672 07 00
Orang yang punya alergi mata sering merasa ragu saat ingin pakai lensa kontak. Tanpa pakai lensa kontak saja, alergi mata bisa menyebabkan mata terasa gatal, berair, bahkan sampai bengkak. Hal ini tentu akan semakin parah kalau Anda memakai lensa kontak pada kornea mata yang sensitif. Lantas, adakah cara yang aman agar penderita alergi mata bisa memakai lensa kontak? Simak ulasannya berikut ini.

Tips aman pakai lensa kontak walau punya alergi mata

Menurut American Academy of Ophthalmology, alergi mata lebih dikenal sebagai alergi konjungtivitis. Reaksi alergi timbul ketika mata terkena berbagai pemicu alergi yang ada di udara, misalnya serbuk sari, bulu, debu, asap, parfum, atau bahkan serpihan makanan.

Pakai lensa kontak ketika alergi mata sedang kambuh membuat Anda merasa tidak nyaman. Bahkan, hal ini bisa membuat mata Anda terasa gatal, memerah, berair, hingga bengkak.

Namun, jangan buru-buru cemas dulu. Anda tetap bisa pakai lensa kontak dengan nyaman, kok. Berikut ini adalah panduan aman memakai lensa kontak meski punya alergi mata, di antaranya:

1. Jaga kelembapan mata



Alergen yang mengenai mata umumnya membuat mata menjadi kering. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat alergi mata yang Anda alami justru semakin parah, terlebih jika Anda langsung memakai lensa kontak pada saat yang bersamaan.

Sebagai solusinya, pastikan kondisi mata Anda tetap lembap sepanjang hari. Anda bisa menggunakan bantuan air mata buatan atau obat tetes mata untuk membantu membilas alergen dan meredakan iritasi pada mata.

Air mata buatan umumnya dijual bebas di pasaran tanpa harus menebus resep. Anda bisa menggunakan air mata buatan ini sesering mungkin, bahkan dua jam sekali jika diperlukan. Semakin sering Anda menggunakannya, maka semakin kecil pula kemungkinan alergen menempel ke permukaan lensa kontak.

2. Bersihkan lensa kontak sesering mungkin



Lensa kontak yang sering dibersihkan akan membuatnya terbebas dari alergen. Namun sebelumnya, perhatikan jenis larutan pembersih yang Anda gunakan.

Sebagian orang memiliki alergi terhadap kandungan pengawet pada cairan disinfektan. Maka itu, gunakan cairan disinfektan bebas pengawet untuk menghindari kemungkinan reaksi alergi.

Jangan ragu untuk menggunakan cairan disinfektan yang sedikit lebih mahal asalkan aman untuk mata Anda. Mintalah bantuan dokter mata Anda untuk menentukan jenis cairan disinfektan yang tidak memicu alergi mata.

3. Ganti dengan lensa kontak sekali pakai



Kalau Anda terbiasa pakai lensa kontak yang bisa dipakai selama beberapa bulan, sebaiknya beralihlah ke lensa kontak sekali pakai. Lensa kontak sekali pakai umumnya lebih aman bagi Anda yang punya alergi.

Lensa kontak semi-permanen membuka kesempatan bagi alergen menempel pada permukaan lensa kontak. Semakin lama dibiarkan menumpuk, maka semakin besar pula kemungkinan alergi Anda kambuh dan memicu iritasi mata.

Nah, bila Anda pakai lensa kontak sekali pakai, mata Anda akan lebih terlindungi dari paparan alergen. Sebab setelah dipakai selama beberapa jam, Anda hanya tinggal membuangnya ke tempat sampah bersama alergen-alergen yang menempel. Dengan demikian, mata Anda akan lebih aman dan sehat.

4. Kompres mata



Ketika mata merah dan bengkak, jangan pernah sekali-kali menggosoknya. Kebiasaan mengucek mata justru dapat menyebarkan alergen dan memperparah peradangan di sekitar mata.

Agar lebih aman, kompres mata Anda dengan air dingin untuk membantu meredakan peradangan pada mata. Anda juga bisa meletakkan air mata buatan di dalam kulkas sebelum menggunakannya bersama lensa kontak. Dengan demikian, mata Anda akan terasa lebih dingin sekaligus meredakan mata merah.

5. Pakai kacamata



Alergen seperti serbuk sari dan debu akan lebih mudah menempel pada permukaan lensa kontak yang tipis. Jika Anda sudah mulai tak tahan dengan reaksi alergi yang ditimbulkan, tidak ada salahnya untuk sesekali memakai kacamata.

Selain menghindari reaksi alergi, memakai kacamata juga memberikan kesempatan bagi mata Anda untuk beristirahat dari tempelan lensa kontak setiap hari.

6. Periksa rutin ke dokter mata



Sekalipun gejala alergi mata sudah berkurang, tetap periksakan kesehatan mata Anda secara rutin. Dokter mungkin akan meresepkan beberapa obat tetes mata yang lebih ampuh mengurangi gejala alergi yang Anda rasakan.

Konsultasikan juga jenis lensa kontak yang Anda gunakan saat ini. Sebab bisa jadi, kontak lensa yang Anda gunakan tak lagi aman untuk kesehatan mata Anda.

sumber: hellosehat
foto: hellosehat
Sudah dilihat 18 kali

Komentar