6 Penyebab Leher Hitam Orang Gemuk dan Cara Mengatasinya

Header illustration



Apakah Anda memiliki teman atau saudara dengan berat badan berlebih? Dan apakah orang-orang dengan berat badan berlebih yang ada di sekitar Anda memiliki leher berwarna hitam? Mungkin kebanyakan orang akan mengira bahwa leher berwarna gelap pada orang gemuk adalah daki, padahal warna hitam itu bukanlah daki. Sebagian orang bahkan akan merasa jijik atau jorok jika melihat leher orang gemuk yang berwarna hitam itu. Namun, jika orang-orang di sekitar Anda memiliki berat badan berlebih dan memiliki leher berwarna hitam maka sebaiknya Anda jangan merasa jijik karena belum tentu warna hitam itu disebabkan oleh daki. Bisa jadi, penyebab leher hitam orang gemuk itu adalah tanda dari sebuah penyakit.

Penyebab

Tahukah Anda jika orang gemuk memiliki leher berwarna hitam maka kemungkinan orang tersebut memiliki penyakit gejala diabetes. Salah satu tandanya adalah leher berwarna hitam atau dalam dunia medis akan sering disebut dengan Acanthosis nigricans. Acanthosis nigricans merupakan kelainan yang terjadi pada kulit (biasanya kulit leher pada orang berbadan gemuk) yang bentuknya mirip dengan beludru dan berwarna cokelat hingga hitam hampir menyerupai daki.

1. Acanthosis nigricans dapat menandakan beberapa gejala medis

Acanthosis nigricans bisa jadi adalah gangguan kulit bawaan, artinya sejak lahir memang sudah memiliki kulit leher berwarna hitam. Seiring pertambahan usia, bisa jadi warna kulit leher akan semakin hitam jika berat badan makin tidak terkontrol.

2. Acanthosis nigricans bisa jadi menjadi akibat dari obesitas atau karena kelainan kelenjar endokrin

Kelenjar endokrin adalah salah satu jenis hormon yang memiliki tugas salah satunya untuk mengontrol nafsu makan seseorang dan juga mengontrol berat badan. Dua hal tersebut adalah aspek yang saling berkaitan. Apabila kelenjar endokrin mengalami kelainan hingga mendorong naiknya nafsu makan seseorang hingga condong ke arah berlebihan maka tidak mungkin orang tersebut akan memiliki berat badan berlebih (penyebab obesitas) dan memiliki leher berwarna hitam. (baca juga: 16 bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker)

3. Adanya penyakit diabetes

Lagi-lagi penyakit ini erat kaitannya dengan berat badan seseorang. Biasanya makin tinggi berat badan seseorang maka akan semakin rentan baginya untuk terkena diabetes. Acanthosis nigricans menunjukkan adanya resistensi kulit terhadap insulin yang menyebabkan poliferasi epidermis kulit sehingga mengakibatkan keratinosit (warna hitam) pada lapisan kulit bagian luar.

Hal tersebut juga semakin didukung dengan penelitian yang menyatakan bahwa orang berbadan gemuk biasanya memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal. Selain warna hitam di bagian leher, diabetes juga bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti sering merasa haus dan sering buang air kecil, mudah lapar, berat badan turun, mudah terserang penyakit, gangguan penglihatan (pandangan kabur), dan kesemutan. (baca juga: cara memastikan terkena diabetes atau tidak)


4. Penyakit Addison

Salah satu gejala/tanda yang muncul pada penderita penyakit addison adalah kulit yang menjadi gelap, termasuk di bagian leher. Penyakit addison adalah gangguan pada kelenjar adrenal yang tidak mampu menghasilkan jenis hormon tertentu dalam jumlah yang cukup. Penyakit ini paling sering muncul pada rentan usia 30 sampai 50 tahun. Selain gejala menghitamnya kulit, gejala lain yang menandai penyakit addison adalah cepat lelah, nafsu makan menurun, gejala depresi, gula darah rendah, sakit pinggang, kehilangan kesadaran, dan dehidrasi.

5. penyakit hypothyroidism.

Hypothyroidism adalah gangguan kesehatan yang menyerang kelenjar tiroid (kebanyakan menyebut dengan gondok). Salah satu gejala yang ditunjukkan akibat penyakit hypothyroidism adalah menghitamnya kulit disertai kulit yang kering. Selain ditandai oleh kulit kering dan berwarna hitam, hypothyroidism juga ditandai dengan mudah lelah, sembelit, nyeri otot, menstruasi tidak teratur, dan bahaya rambut rontok.

Dari berbagai faktor penyebab kulit leher hitam pada orang gemuk, biasanya penyakit diabetes pada anak adalah penyebab utama leher hitam pada orang gemuk. Jadi, bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih dan memiliki leher hitam kemungkinan besar ia memiliki penyakit diabetes. Keadaan tersebut bisa lebih beresiko ketika beberapa anggota keluarga juga ada yang menderita penyakit diabetes (riwayat keluarga). Jika Anda memiliki anak dengan berat badan berlebih dan memiliki leher berwarna hitam maka Anda patut waspada. Bisa jadi anak Anda memiliki penyakit diabetes. Diagnosis sejak dini perlu dilakukan untuk memastikan kondisi anak agar pencegahan dan pengobatan bisa dilakukan secepatnya.

Cara Menghilangkan Warna Hitam di Leher

Leher hitam pada orang gemuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Jika warna hitam di bagian leher disebabkan oleh penyakit diabetes, maka untuk menghilangkan warna hitam di leher tersebut tentu dapat dilakukan dengan menangani penyakit tersebut. Penanganan penyakit diabetes salah satunya dengan mengatur pola makan dan mengontrol berat badan.

Usahakan agar selalu mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang terkontrol. Selain itu, usahakan agar berat tubuh Anda tidak berlebih. Lakukanlah olah raga secara teratur agar berat badan terkontrol dan aliran darah di tubuh menjadi lebih lancar.

Selain penyakit diabetes, masih ada faktor lain yang menyebabkan leher berwarna hitam. Bisa jadi leher berwarna hitam karena infeksi jamur dan bakteri, selain itu sinar matahari juga bisa menjadi salah satu faktor pendorong. Jika kulit leher menghitam karena infeksi jamur atau bakteri dan berbagai faktor dari luar tubuh, maka ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan warna hitam di bagian leher, di antaranya :

Menggunakan lidah buaya bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencerahkan kulit hitam di leher. Lidah buaya sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk membentuk sel-sel kulit baru dan mencegah infeksi di bagian kulit. Mencerahkan kulit hitam dengan menggunakan lidah buaya bisa dilakukan dengan mengoleskan getah lidah buaya dari daunnya kemudian didiamkan selama sekitar 20 menit. Lalu bagian yang diolesi dengan lidah buaya tersebut dibasuh dengan air. Untuk hasil maksimal, metode tersebut bisa dilakukan setiap hari. (baca juga: obat alergi kulit)
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan mentimun dan lemon. Metode yang digunakan adalah mencampur air mentimun (mentimun yang diparut) dengan air lemon. Selanjutnya campuran kedua cairan tersebut digunakan untuk mengolesi leher yang hitam kemudian didiamkan selama 10 menit. Jika sudah mengering, bagian leher yang diolesi cairan mentimun dan lemon bisa dibasuh menggunakan air dingin.
Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit leher yang hitam adalah kulit jeruk. Caranya adalah mengeringkan kulit jeruk dengan dijemur. Kemudian, kulit jeruk yang sudah kering dihaluskan dan dicampur dengan susu cair. Campuran keduanya dioleskan pada bagian leher yang berwarna hitam dan didiamkan selama 10 menit. Setelah itu, basuh leher yang telah diolesi tadi menggunakan air dingin.
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit leher yang hitam adalah menggunakan minyak zaitun. Sejak dahulu minyak zaitun memang telah dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mencerahkan kulit leher yang hitam dengan cara dioleskan pada bagian leher. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan air jeruk lemon. Keduanya berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses pencerahan kulit. (baca juga: macam-macam penyakit kulit)
Itulah beberapa metode alami yang dapat dilakukan untuk mencerahkan kulit leher yang hitam. Kulit leher yang hitam pada orang hitam bisa disebabkan oleh 2 faktor yakni faktor dari dalam dan dari luar. Faktor dari dalam bisa jadi karena adanya penyakit tertentu, seperti diabetes. Sedangkan faktor dari luar bisa jadi karena infeksi bakteri dan jamur atau karena sengatan sinar matahari. Jika penyebab leher hitam karena penyakit dari dalam tubuh kita maka ada baiknya dilakukan tindakan medis. Jika leher hitam karena faktor dari luar maka dapat dilakukan tindakan dengan metode menggunakan bahan-bahan alami.
Halosehat.com
Sudah dilihat 60 kali

Komentar