50 Rumah Terbakar di Kampung Bandan

4937 medium kebakaran kampung bandan 1
Kembali si jago merah mengamuk di permukiman padat penduduk yang ada di ‎RT03/RW02, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara pada Rabu (22/6/2016). Sebanyak 50 bangunan rumah baik yang berlantai satu atau pun berlantai dua habis dan hangus terbakar.

Hingga Pukul 11.30 WIB ini pihak pemadam kebakaran ‎sudah berhasil mengendalikan nyalanya api dan sudah mulai melakukan pendinginan di lokasi terjadinya kebakaran yang diduga kuat akibat korsleting atau arus pendek listrik itu.

Kepala‎ Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Utara‎, Satriadi Gunawan‎, mengatakan pihaknya sudah berhasil memadamkan api yang menyala sejak Pukul 11.‎15 WIB. Anggota kami agak kesulitan melakukan pemadaman karena memang bahan bangunan semi permanen yang ada di lokasi tersebut merupakan bahan yang mudah terbakar‎ seperti triplek dan kayu.

Dikatakannya dari total 50 rumah yang terbakar tersebut berada di dekat Masjid Jami Al Mukarromah yang di dalamnya adapula makam kramat ‎Kampung Bandan dengan luas areal yang di lalap si jago merah mencapai 2.000 meter persegi. Lokasi jalan yang sempit juga sempat membuat kami kewalahan, karena banyak warga yang justru menghalangi akses kami masuk karena berupaya menyelamatkan harta benda mereka.

Sampai sekarang penyebab kebakaran di permukiman padat penduduk yang warganya menempati lahan sudah puluhan tahun itu, namun ada beberapa warga menyebut asal mula kebakaran dari salah satu rumah yang ditinggalkan oleh pemiliknya. Kemungkinan besar karena arus pendek korsleting listrik, namun adapula dugaan dari kompor gas yang ditinggalkan oleh pemiliknya dalam kondisi menyala, mengenai penyebab pastinya nanti pihak kepolisian yang akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Menurut pantauan di lokasi kejadian, 40 petugas dan 14 unit mobil pemadam kebakaran berjajar di berbatasan dengan Jalan Lodan Raya di sisi Selatan, Jalan Parang Teritis di sisi Barat dan Timur, dan Jalan ‎Karang Bolong Raya di sisi Selatannya untuk melakukan pendinginan.
Sudah dilihat 76 kali

Komentar