50 Peserta Ikuti Latihan Simulasi Evakuasi Mandiri di Labuhan

69772 medium 50 peserta ikuti latihan simulasi evakuasi mandiri di labuhan
Sebanyak kurang lebih lima puluh orang peserta mengikuti latihan simulasi evakuasi mandiri gempa bumi dan tsunami pada Selasa (13/8) di Kecamatan Labuhan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Direktorat Kesiapsiagaan BNPB melakukan kegiatan Edukasi Simulasi Evakuasi Mandiri bagi warga masyarakat setempat. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Kesiapsiagaan BNPB dan dihadiri oleh Danramil Labuan, Kapolsek Labuan, BPBD Provinsi Banten, BPBD Kabupaten Pandeglang, Kasie Pemerintahan (mewakili camat Labuan), OPD terkait di Kabupaten Pandeglang serta perangkat desa di Kecamatan Labuan, Tagana, PMI, Rapi, Pramuka, Perwakilan Sekolah, dan Perwakilan warga terdampak di Kecamatan Labuan (Desa Cigondang, Desa Labuan, Desa Teluk) dan 9 sekolah terdampak (SD Labuan 3, SD Karanga Anyar 1, SMP 1 Labuan, MTS Labuan, SMK 3 Pandeglang, SMA 3 Pandeglang, SMP 2 Pandeglang, SD Teluk 3, SD Teluk 2).

Kegiatan Simulasi Evakuasi Mandiri ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, lembaga usaha, instansi setempat akan ancaman bencana di wilayahnya.

Di samping itu, juga untuk memberikan pengetahuan mitigasi prakstis saat gempa bumi. Memastikan masyarakat mampu untuk memahami dan mengetahui jalur evakuasi dan titik kumpul/TES yang telah disepakati.

Selanjutnya, ekspedisi bertujuan untuk mengecek sarana dan prasarana penunjang evakuasi, mengetes waktu respon individu dan kelompok masyarakat dan melatih institusi/organisasi lokal dalam mengelola shelter/tempat pengungsian.

Adapun Materi yang disampaikan Tim Fasilitator, antara lain Sosialisasi Ekspedisi Destana Tsunami (EDT), Sosialisasi potensi ancaman gempa tsunami dan rencana evakuasi.

Sosialisasi teknik pelaksanaan evakuasi mandiri.

Latihan teknik perlindungan dan penyelamatan diri serta evakuasi mandiri. Pembagian Tugas dari masing masing pihak yang terlibat.(

Sumber: Humas BNPB
Sudah dilihat 21 kali

Komentar