5 titik tanah bergeser di Bekasi

44866 medium screenshot 20190104 134747
warga Bekasi waspada, dari info yang diberitahukan TRIBUNNEWS.COM. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada lima wilayah rawan longsor di wilayah setempat.
Kelima wilayah tersebut meliputi Kelurahan Bojong Menteng hingga pintu air, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Sepanjang Jaya, Marga Jaya, dan Margahayu.
"Semua wilayah itu terletak di bantaran Kali Bekasi. Itu harus diwaspadai karena lokasi berada di aliran sungai rawan pergeseran tanah yang berakibat longsor," ucap Wakil Satgas BPBD Kota Bekasi Karsono, Jumat (4/1)
Iya juga menambahkan kepada warga yang tonggal disekitar lokasi tersebut agar waspada.
"Selama ini terus kita pantau pergeseran tanah itu. Kita mengimbau warga yang tinggal di titik rawan itu untuk selalu waspada," tuturnya.
Penyebab terjadinya tanah yang bergeser itu lantaran volime kali bekasi yang deras ditambah belum adanya turap (tanggul permanen)
Untuk tindakan, iya jelaskan jika pihaknya sudah laporkan pihak terkait agar segera dilakukan penanganan.
"Kita akan infokan langsung ke warga jika potensi amblas, agar pindah ke tempat yang lebih aman. Kita sudah laporkan pihak terkait agar segera dilakukan penangan," ucapnya
Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto meminta jajarannya memonitor lokasi-lokasi rawan longsor tersebut, hal tersebut guna pengupayaan pembangunan tanggul di titik rawan longsor oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.
"Memang harus segera dibangun tanggul di sepanjang Kali Bekasi ini. Jadi tanah di bantaran kali tidak terus tergerus," kata Tri Adhianto di lokasi longsor di Sepanjang Jaya, Kamis (3/1/2019).
Selain lantaran derasnya air di kali Bekasi, belum direstorasi kali Bekasi selama hampur 20 tahun ikut bagian dalam permasalahan penyebab tanah bergeser.

Sumber:
http://m.tribunnews.com/amp/metropolitan/2019/01/04/kenali-ada-lima-kawasan-di-kota-bekasi-yang-rawan-longsor
Sudah dilihat 157 kali

Komentar