5 Tip Aman Meninggalkan Rumah Kosong Saat Berpergian

23032 medium 5 tip aman meninggalkan rumah kosong saat berpergian
Mau liburan atau ke luar kota? Berikut tip aman meninggalkan rumah kosong saat Anda berpergian:

Sewa Safe Deposit Box (SDB) di bank Anda dan simpanlah barang dan surat berharga seperti perhiasan, ijazah, surat tanah, sertifikat dsb di dalam SDB. Pilihlah bank yang terpercaya dan selalu kunci ganda dengan gembok kotak SDB Anda.
Pasang beberapa CCTV yang kelihatan mencolok di tempat yang tinggi dan pasang juga beberapa CCTV stealth berbentuk bola lampu atau di tempat yang tersembunyi. CCTV yang mencolok berfungsi untuk menakut-nakuti orang yang berniat jahat, sedangkan CCTV stealth berfungsi seandainya CCTV yang kelihatan dirusak oleh maling.
Jika hendak berpergian atau berlibur untuk jangka waktu yang lama, jangan mengumbar rencana Anda di medsos. Sebaiknya rahasiakan rencana Anda, karena informasi tersebut bisa disalahgunakan oleh oknum yang memantau medsos Anda. Jika Anda betul-betul “gatal” dan merasa harus berbagi foto liburan Anda, sebaiknya posting foto saat Anda sudah kembali dari liburan.
Jika hendak berpergian atau berlibur untuk jangka waktu yang lama, beritahu tetangga atau keluarga Anda dan tinggalkan kunci cadangan kepada mereka buat jaga-jaga seandainya ada situasi darurat.
Pasang fitting lampu yang dilengkapi sensor cahaya sehingga bisa otomatis menyala saat malam hari dan padam saat terang di pagi hari. Harga fitting dengan sensor cahaya ini sangat murah, rata-rata dibawah Rp 100.000,- Jika memiliki budget lebih, pasang “home automation” berteknologi IoT sehingga semua perangkat elektronik bisa dikendalikan dari jauh.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati liburan dengan perasaan tenang.
Punya info warga yang bermanfaat? Yuk posting di AtmaGo! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga #Evergreen
Sumber Foto: geeky-gadgets.com
Sudah dilihat 98 kali

Komentar