5 Pengobatan Alami Atasi Pendarahan dengan Cepat

27 March 2019, 10:09
3 0 58
Gambar untuk 5 Pengobatan Alami Atasi Pendarahan dengan Cepat
Luka sering kali terjadi hanya karena hal-hal sepele. Bisa saja saat Anda hendak memotong cabai, tergores benda tajam, tak sengaja memotong kuku terlalu dalam, dan lain-lain. Namun, tetap saja luka-luka ini menimbulkan pendarahan yang perlu untuk segera dihentikan.

Pendarahan dapat menimbulkan rasa sakit pada area kulit yang terluka. Pendarahan kecil mungkin akan cepat berhenti dengan sendirinya, namun, bagaimana dengan pendarahan yang besar dan lumayan parah? Bahkan lokasi luka atau kondisi kesehatan seseorang bisa berpengaruh terhadap seberapa lama pendarahan akan berlangsung.

Saat seseorang kehilangan darah, dalam jumlah yang sedang, ia bisa merasa pusing atau mual. Pendarahan sebenarnya juga memiliki fungsi untuk membantu membersihkan luka dari dalam.

Dibutuhkan sikap yang tenang untuk dapat mengatasi pendarahan, meski kebanyakan orang pasti mengeluarkan reaksi panik saat hal ini terjadi. Saat situasi darurat, lakukan segera pengobatan alami ini untuk menghentikan pendarahan dengan cepat:

Teh celup

Kantong teh celup dapat berfungsi dengan baik dalam menghentikan pendarahan, karena teh dapat membantu meningkatkan pembekuan darah dan memiliki sifat astringen yang akan membantu menghentikan pendarahan.

Ambil kantong teh dan celupkan terlebih dahulu ke dalam air.
Taruh pada area kulit yang terluka dan tahan minimal 10 menit hingga aliran darah terhenti.
Bubuk kopi

Bubuk kopi dapat membantu menghentikan pendarahan dengan membantu proses pembekuan darah. Ini merupakan salah satu pengobatan alami yang mampu mengatasi pendarahan akibat luka dan goresan.

Cuci area kulit yang terluka hingga bersih.
Taburkan dan oleskan bubuk kopi pada area yang luka, banyaknya bubuk kopi akan sangat tergantung pada kedalaman luka.
Diamkan selama 10 menit, kemudian cuci kembali hingga bersih.
Cuka putih

Cuka putih memiliki sifat astringen yang dapat membantu dalam pembekuan darah. Pemberian cuka dapat membantu arteri mengerut dan menutup.

Celupkan sepotong kapas ke dalam larutan cuka putih.
Oleskan kapas langsung pada bagian kulit yang terluka.
Gula

Gula memiliki sifat antiseptik yang dapat menggumpalkan darah dengan cepat. Karena sifat kristalnya, gula juga dapat bertindak sebagai penyerap dan mengeringkan darah dengan cepat.

Oleskan satu sendok gula pada area kulit yang terluka.
Diamkan hingga pendarahan terhenti.
Es

Es juga menjadi salah satu pengobatan alami yang sangat ampuh dalam mengatasi pendarahan. Ketika diterapkan pada luka, es tak hanya membantu proses pembekuan darah, namun juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit.

Jangan oleskan es secara langsung pada luka, namun balut terlebih dahulu dengan handuk, baru kemudian oleskan pada luka hingga pendarahan terhenti.

Article By Claudia Ramadhani

  Komentar untuk 5 Pengobatan Alami Atasi Pendarahan dengan Cepat

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!