5 Manfaat Buah Pir Yang Belum Kamu Sadari

6 0 39
Gambar untuk 5 Manfaat Buah Pir Yang Belum Kamu Sadari
Buah pir atau pear masih satu spesies dengan tumbuhan Pyrus communis yang juga termasuk anggota keluarga dari tumbuhan Rosaceae. Buah yang tumbuh di negara Eropa dan Asia ini memang mudah dijumpai di Indonesia. Kandungan yang terdapat di dalam pir seperti vitamin A, vitamin E, niasin, asam pantotenat, kolin, betain, kalsium, zat besi, fosfor, seng, dan selenium membuat buah yang segar ini menawarkan segudang manfaat. Apa saja manfaat buah pir untuk tubuh?

1. Mengandung Antioksidan




Kandungan antioksidan glutathione yang terdapat di dalam pir membuat buah yang satu ini bermanfaat untuk tubuh. Glutathione sendiri adalah salah satu satu antioksidan yang dapat membantu pencegahan kanker, tekanan darah tinggi, dan juga stroke. Tidak hanya itu, manfaat pir juga bagus untuk mengurangi kadar lemak lipid dalam darah.


Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute sendiri menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi pir segar setiap hari bisa mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga tubuh dalam kadar pH yang seimbang.

2. Mencegah Sembelit




Manfaat buah pir selanjutnya sangat bagus untuk pencernaan. Kandungan serat yang tinggi di dalam pir juga sangat bagus untuk mencegah atau mengobati masalah pencernaan. Kandungan pektin yang terdapat di dalam pir juga membuat buah ini dianggap dianggap sebagai zat diuretik alami yang memiliki efek pencahar tingkat ringan.


Apabila kamu tengah sembelit, cobalah makan satu atau dua buah pir dalam sehari. Hal ini akan membantu untuk mengatasi masalah sembelit. Tidak ada salahnya juga jika kamu mencampurkan potongan pir ke dalam smoothie untuk melancarkan pergerakan usus, mencegah retensi air di dalam tubuh, dan mengurangi rasa kembung.

3. Menjaga Kesehatan Tulang




Manfaat buah pir berikutnya adalah khasiatnya untuk menjaga tulang. Hal ini karena pir mengandung vitamin K dan zat boron yang bisa menjaga kesehatan tulang. Seperti yang kita tahu, kekurangan vitamin K sendiri bisa meningkatkan risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.


Vitamin K sendiri berperan penting sama halnya dengan kalsium, magnesium, dan fosfor yang sama-sama bekerja sama untuk mencegah kerusakan tulang. Bahkan beberapa ahli kesehatan mengungkapkan bahwa vitamin K ini sebagai nutrisi terpenting yang bisa melawan osteoporosis.

4. Mencegah Diabetes




Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam pir membuat buah ini bisa mencegah dan mengobati diabetes. Ungkapan ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan dari Center for Disease Control and Prevention. Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari, dapat menurunkan secara signifikan risiko pembentukan diabetes.


Buah pir sendiri mengandung kadar indeks glikemik rendah yang baik untuk gula darah. Dalam satu porsi pir sendiri mengandung 26-28 gram karbohidrat. Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, mengkonsumsi buah pir sendiri dianggap lebih efektif untuk menahan rasa ngidam makanan manis berkat seratnya yang bisa membuat perut kenyang lebih lama.

5. Sumber Vitamin C 




Di tengah pandemi ini, tubuh dituntut untuk mengkonsumsi vitamin C yang cukup untuk meningkatkan imunitas tubuh. Agar nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi vitamin C. Pasalnya, buah pir merupakan sumber vitamin C alami tertinggi.


Dalam buah pir sendiri, terdapat kurang lebih 12% kebutuhan vitamin C (asam askorbat) harian yang dibutuhkan tubuh. Perlu kamu tahu, buah pir juga mengandung zat antioksidan tinggi yang bisa melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif, juga bermanfaat untuk melindungi sel DNA yang sehat, menghentikan mutasi sel, menjaga metabolisme yang sehat, dan memperbaiki jaringan yang rusak di dalam tubuh.


Dengan berbagai manfaat buah pir tersebut serta rasanya yang enak dan menyegarkan, tidak heran jika buah ini sangat disukai. Apakah kamu juga termasuk salah satu penggemar buah ini? 

  Komentar untuk 5 Manfaat Buah Pir Yang Belum Kamu Sadari

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Potensi Wisata Desa

    Shella Rizqi Aulawwiyah  di  Paciran, Lamongan  |  22 Nov 2020