5 Makanan Berikut Mengandung Senyawa Racun Alami

26811 medium 5 makanan berikut mengandung senyawa racun alami
Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir dari The Daily Meal dan Warta Kesehatan:

1. Singkong
Singkong bisa menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik. Senyawa tersebut sebenarnya relatif tidak berbahaya. Hanya saja, proses enzimatik dalam tubuh kita akan mengurainya menjadi hidrogen sianida yang sangat beracun. Potensi keracunan bisa diminimalkan jika singkong dimasak atau diolah dengan benar. Paling berbahaya itu kalau singkongnya masih mentah. Tapi, siapa, sih, yang mau makan singkong mentah?

2. Kacang mede
Kacang mede mentah mengandung racun urushiol yang bisa berbahaya bagi tubuh. Untungnya, kacang mede yang dijual di pasaran sudah tidak dalam kondisi mentah, melainkan sudah melalui serangkaian proses pengolahan untuk menghilangkan kandungan racunnya.

3. Biji apel
Biji apel mengandung amygdalin, senyawa penghasil sianida dalam tubuh. Makan biji apel bisa mengakibatkan muntah-muntah karena keracunan. Namun jangan terlalu cemas, karena kita sudah terbiasa makan buah apel dengan menyisakan atau membuang bagian bijinya di tengah. Lagi pula, biji apel sangat kecil. Bahaya baru akan datang kalau kita mengunyah dan menelan biji apel dalam jumlah banyak.

4. Biji ceri
Selain apel, biji buah ceri juga tidak aman dikonsumsi. Selain bisa membuat tersedak, bijinya mengandung zat hidrogen sianida yang bisa meracuni tubuh. Reaksi yang ditimbulkan bisa berupa muntah-muntah, gangguan pernapasan, hingga kerusakan ginjal.

5. Kacang almond
Hati-hati terhadap kacang almond mentah yang baru saja dipanen. Kacang lezat ini diam-diam mengandung zat racun sianida juga. Tapi untunglah, kacang almond yang kita beli di pasar umumnya sudah melalui berbagai proses pengolahan khusus sehingga menjadi aman dikonsumsi.

Sumber: Warta Kesehatan dan The Daily Meal

Komentar