5 Bencana Alam Yang Berdampak Pada Menurunnya Kunjungan Wisatawan di Indonesia

46401 medium 5 bencana alam yang berdampak pada menurunnya kunjungan wisatawan di indonesia
Berikut adalah rentetan peristiwa bencana alam sejak tahun 2010 yang sangat berdampak pada industri pariwisata Indonesia:
1. Erupsi Gunung Merapi tahun 2010
Bencana besar ini telah mengakibatkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan di beberapa obyek wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah mencapai hampir 50 persen.

2. Bencana kebakaran hutan dan lahan pada Agustus hingga September 2015
Akibat asap dari kebakaran hutan, 13 bandara tidak bisa beroperasi karena jarak pandang pendek dan membahayakan penerbangan. Bandara harus ditutup dan berbagai event internasional ditunda, ini membuat sektor pariwisata betul-betul tertekan.

3. Erupsi Gunung Agung di Bali tahun 2017
Peristiwa ini menyebabkan 1 juta wisatawan berkurang dan kerugian mencapai Rp 11 trilyun di sektor pariwisata.

4. Gempa Lombok beruntun pada tahun 2018
Ribuan gempa yang mengguncang Lombok tercatat menyebabkan 100.000 wisatawan berkurang. Kerugian ditaksir mencapai Rp 1,4 trilyun di sektor pariwisata.

5. Tsunami di Selat Sunda pada Desember 2018
Gelombang monster yang datang tiba-tiba itu menyebabkan kerugian ekonomi hingga ratusan miliar di sektor pariwisata. Bencana ini menyebabkan efek domino berupa pembatalan kunjungan wisatawan hingga 10 persen. Padahal, sebelum dilanda tsunami, tingkat hunian atau okupansi hotel dan penginapan di kawasan wisata Anyer, Carita, dan Tanjung Lesung mencapai 80–90 persen.

Sudah dilihat 37 kali

Komentar