5 amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan

Header illustration
Datangnya bulan
Ramadan sangat dinantikan oleh seluruh muslim di dunia, mengingat terdapat banyak keistimewaan. Selain itu dalam hadis yang diriwayatkan Ahmad dan Nasai pun disebut, jika saat Ramadan, terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan.
“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.” (HR Ahmad dan Nasai).
Setelah membaca hadits di atas, apakah kamu masih ingin menyia-nyiakan bulan Ramadan dan melewatkan segala kebaikannya begitu saja? Tentu tidak kan?
Nah, berikut ini ada lima amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadan.
1. Puasa
Puasa Ramadan adalah hal yang wajib untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim yang sudah dewasa, berakal, mampu secara fisik dan tidak dalam keadaan haid atau nifas.
Terkait perintah berpuasa, Allah SWT pun telah mencantumkannya dalam surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah : 183).
2. Salat Tarawih
“Barangsiapa menghidupkan (malam Ramadhan) karena iman dan mengharap (ridha Allah), maka akan diampuni baginya dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3. Membaca Al-Quran
Jamaah muslimah membaca Al-Quran usai melaksanakan salat ta rawit, meskipun dapat dilakuka di hari lain di luar Ramadan, membaca Al-Quran di bulan suci ini sangat dianjurkan, karena kitaab suci umat Islam ini diturunkan pada bulan Ramadan. Selain itu, membaca Al-Quran di bulan Ramadan juga akan mendapatkan kebaikan berlibat ganda.
Rasulullah SAW bersabda,
“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi)
4. Bersedekah
Gemar Sedekah Bikin Hidup Cerah,
Sedekah juga menjadi salah satu amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, terlebih saat tiba bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda, ""Barang siapa menolong keperluan saudaranya Muslim di bulan Ramadhan, maka Allah Ta'ala akan menolong seribu keperluan/hajatnya di hari kiamat".
5. Berzikir
Bulan Ramdan jadi waktu yang tepat untuk membenahi dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak zikir, di manapun, kapanpun kita berada.
Semoga kita bisa mengamalkannya.
Sudah dilihat 219 kali

Komentar