5 Amalan Ini Jangan Sampai Terlewati di Bulan Ramadhan!

13 May 2019, 18:15 WIB
5 0 106
Gambar untuk 5 Amalan Ini Jangan Sampai Terlewati di Bulan Ramadhan!
Apa kabar puasanya? Masih gasss poll dong yah. Ramadhan selalu menjadi bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Keberkahan bulan ini membuat orang ramai berlomba dalam kebaikan. Karena berebut limpahan pahala dari-Nya. Tidur orang puasa aja di nilai pahala loh. Jadi, pastinya rugi banget dong, mereka yang tidak memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Nah biar Ramadhan mu produktif dengan agenda kebaikan yang makin mendekatkan diri pada-Nya, berikut penulis rangkum beberapa amalan yang jangan sampai kamu lewatkan. Apa aja? Check these out..

1. Taraweh
Salat taraweh adalah salat lail yang hanya ada di bulan Ramadhan. Sehingga setiap masjid akan di penuhi dengan ummat muslim yang ingin melaksankan salat taraweh yang di berengi dengan salat fardhu isya. Ganjaran bagi mereka yang salat taraweh (lail) akan mendapat pengampunan dari-Nya. Seperti dalam hadist yang di riwayatkan Abu Hurairah Radhiyallahu `Anhu,

“Barangsiapa melakukan qiyam (lail) pada bulan Ramadhan, karena iman dan mencari pahala, maka diampuni untuknya apa yang telah lalu dari dosanya.”

Masya Allah ini kesempatan emas dong buat kita yang udah begitu banyak numpuk dosa.

2. Berbagi
Bulan Ramadhan selalu identik dengan bulan berbagi. Kamu bisa menemukan dengan mudah orang yang berbagi takjil di lampu merah. Ada pula selebaran di grup whatsapp yang ramai dengan kegiatan kebaikan yang mengajak untuk bersedekah, baik berupa uang ataupun barang. Masjid-masjid juga di penuhi beragam takjil dari orang sekitar yang ingin berebut pahala puasa. Karena kata Rasulullah shalallahu `alahi wasallam, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi).

Nah, tahu kan kenapa orang-orang pada semangat berbagi di bulan ini.

3. Membaca Qur`an
Hayo…ada yang tahu kapan diturunkannya Al-Qur`an? Ya, tepat sekali. Pada bulan Ramadhan. Semangat membaca Qur`an di bulan Ramadhan sangat besar, karena keutamaan-keutamaan yang dimiliki oleh Al-Qur`an. Salah satu keutamaannya adalah ketika membaca 1 huruf dalam Qur`an, kita sudah bisa mendapat super double pahala loh.

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Hayo jangan sampai bulan ini kamu gak khatam Qur`an yah. Klau pahalanya dapat super douple, bagi yang gak baca Qur`an juga dapat kerugian yang extra super double. Jangan sampai lah yah

4. Dzikir
Ramadhan menjadi hal special yang diberikan Allah subhanahu wata`ala kepada ummat Nabi Muhammad. Karena usia kita-kita ini gak selama usia kaum-kaum sebelumnya, maka Allah memberi limpahan Rahmatnya dengan berlipat-lipat pahala di bulan Ramadhan. Ini menjadi momen special kita untuk membersihkan diri dari segala dosa yang sudah menumpuk hampir setahun lamanya. Sehingga bulan ini disebut juga bulan pengampunan. Kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir agar Allah subhanahu wata`ala mengampuni dosa-dosa yang telah lampau. Maka sangat merugilah mereka yang tidak memanfaatkan Ramadhannya dengan sebaik mungkin untuk lebih dekat dengan-Nya.

5. Puasa
Ramadhan yah emang harusnya puasa dong yah hehe. Tapi eitss..puasa yang penulis maksud bukan hanya puasa dari makan dan minum, melainkan juga puasa mata dari melihat tontonan yang tidak baik dan membuang waktu, puasa telinga dari mendengar gossip, puasa mulut dari berbicara ghibah dan nyir-nyirin orang, puasa hati dan pikiran iri, sombong, riya, juga kemunafikan. Sangguuuppppp? Yok kita belajar bareng-bareng yah. Semoga Allah istiqomahkan dalam ketaatan hingga Dia beri kemenangan menjadi suci di hari Raya. Amiin

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penulis : @sucifitrahsyari

  Komentar untuk 5 Amalan Ini Jangan Sampai Terlewati di Bulan Ramadhan!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!