4 Kesalahan Tidur yang Bisa Bikin Cepat Gemuk

21262 medium masalah tidur




Hampir bisa dipastikan bahwa setiap orang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih atau sering disebut dengan gemuk. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Kalau sekiranya Anda hanya melakukan program untuk menurunkan berat badan saja, saya rasa itu kuranglah efektif kalau tidak disertai dengan cara mencegahnya.

Untuk mencegah agar tidak terjadi berat badan yang berlebih, maka penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang membuat tubuh kita menjadi bertambah gemuk. Pada saat ini banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka tengah membuat diri mereka sendiri lebih gemuk karena meremehkan masalah kualitas tidur. Mau tau kenapa tidur memberikan pengaruh terhadap berat badan Anda. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang berkaitan dengan waktu tidur yang membuat Anda bertambah lebih gemuk.



1. Kualitas tidur rendah
Meskipun Anda membiasakan tidur tepat waktu, namun sering terbangun di malam hari dan tidur siang terganggu, itu berarti kualitas tidur Anda tidaklah baik. Kualitas tidur yang buruk juga bisa membuat seseorang menjadi cepat gemuk. Kualitas tidur seperti ini bisa disebabkan oleh kecemasan, stres, dan yang lainnya. Agar tidur lebih berkualitas, sebaiknya cobalah untuk merasa rileks sebelum Anda tidur. Matikan segala bentuk elektronik, atau lakukan meditasi singkat.




2. Tidur bukan prioritas
Pada umumnya, banyak sekali orang-orang yang meremehkan waktu tidur mereka dan lebih memilih melakukan kegiatan lain daripada tidur. Padahal, kurang tidur juga bisa membuat orang lebih cepat gemuk. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan orang yang cukup tidur. Jika Anda terbiasa kurang tidur, Anda juga akan terbiasa mengonsumsi lebih banyak kalori yang membuat cepat gemuk.

3. Bangun terlalu siang
Kalau Anda termasuk orang yang suka bangun siang, maka segeralah rubah kebiasaan buruk tersebut. Sebaiknya biasakan diri Anda untuk senantiasa bangun dipagi hari dan lakukanlah olahraga yang ringan agar Anda tak merasa ngantuk dan bangun kesiangan serta usahakan untuk tidur lebih awal.

4. Tak bisa tidur sebelum ngemil
Salah satu kebiasaan buruk adalah mengemil dimalam hari. Banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk ngemil sebelum tidur dan mereka menjadi tidak bisa tidur apabila belum makan makanan ringan. Membiarkan kebiasaan semacam ini sudah tentu akan membuat Anda cepat gemuk sekaligus menyebabkan kebiasaan yang tak sehat karena kalori yang dikonsumsi setiap hari menjadi berlebihan.

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi dan dialami oleh kebanyakan orang. Apabila Anda termasuk kedalam seseorang yang sering melakukan kesalahan di atas, segeralah kurangi saat ini juga. Cobalah untuk selalu memperhatikan kualitas dan waktu tidur Anda, jangan ngemil sebelum tidur, dan bangunlah lebih pagi untuk melakukan olahraga. Selamat mencoba ya!

Sehatkancantik.blogspot.co.id

Komentar