4 Hal yang Tak Anda Sadari Bikin Salad Jadi Tidak Sehat Lagi

3 May 2019, 16:55 WIB
2 0 36
Gambar untuk 4 Hal yang Tak Anda Sadari Bikin Salad Jadi Tidak Sehat Lagi
Ketika sedang diet, semua orang mengandalkan salad sebagai menu dietnya. Bahkan tidak sedikit orang yang bisa makan salad saja dalam satu hari agar dietnya berhasil. Diet berhasil dan berat badan turun memang tujuan utama. Namun apa jadinya jika salad yang menjadi menu andalan dan dianggap sehat justru bikin diet Anda gagal total? Berikut adalah hal yang Anda tak sadari dapat membuat salad tidak sehat.

Berbagai bahan yang bikin salad tidak sehat lagi
1. Roti kering
Tambah nikmat memang jika menu salad Anda ditambahkan dengan roti kering (croutons). Tapi hati-hati dengan roti yang Anda tambahkan tersebut. Bisa jadi roti itu yang membuat diet gagal. Mengapa?

Roti kering mengandung natrium yang cukup tinggi yang bisa membuat Anda berisiko mengalami tekanan darah tinggi bila dikonsumsi berlebihan. Mungkin memang natrium yang Anda dapatkan dari roti kering tidak seberapa, namun zat tersebut juga terkandung di dalam makanan atau minuman kemasan lain. Sehingga, semakin banyak Anda makan makanan kemasan, semakin banyak pula natrium di dalam tubuh.
2. Jenis daging tertentu
Menambah protein hewani dalam salad Anda memang sehat dan tentunya membuat salad menjadi lebih nikmat. Tetapi, Anda harus perhatikan jenis makanan protein hewani yang Anda tambahkan. Seperti menu chicken salad yang ada di restoran, kebanyakan menggunakan potongan daging ayam yang digoreng dengan balutan tepungnya. Teknik menggoreng pada potongan ayam ini bisa bikin salad tidak sehat.

Bila Anda menggunakan daging sapi, pastikan tidak ada lemak atau gajih yang tertinggal di dalamnya. Selain itu, lebih baik mengolah makanan protein hewani tersebut dengan cara dikukus atau direbus saja.

3. Keju
Keju sangat pas bila ditaburkan di atas salad. Namun, keju bisa berbahaya bagi kesehatan Anda jika terlalu banyak ditambahkan ke dalam salad. Salad yang Anda makan tak lagi sehat, sebab keju mengandung lemak jenuh serta natrium yang sangat banyak. Lemak jenuh bertanggung jawab atas perut Anda yang buncit, paha yang yang besar, dan lengan yang tebal.

Setengah gelas keju parut saja terdiri dari 18 gram lemak dan 225 kalori, cukup banyak bukan? Atau sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan keju yang terbuat dari bahan nabati.

4. Dressing atau saus salad tertentu
Nah, banyak orang yang tidak menyadari jika saladnya tak sehat akibat dressing yang digunakan. Jika Anda sedang diet, Anda harus memilih dressing yang tepat, yaitu rendah lemak jenuh dan kalori.

Kebanyakan dressing memang hanya membuat kalori salad Anda bertambah berkali-kali lipat. Misalnya, banyak orang menambahkan mayones atau saus thousand island pada saladnya, padahal kandungan kalori dalam sausnya sendiri sudah mencapai sekitar 100-200 kalori setiap satu sendok makan. Ini berkebalikan dengan kandungan kalori salad yang harusnya hanya sedikit. Tapi jika dressing-nya tidak tepat, justru akan membuat salad tidak sehat dan kalori di dalamnya melonjak.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan saus balsamic yang memiliki lemak dan kalori yang lebih rendah, atau minyak zaitun.

sumber: hello sehat
foto: hello sehat

  Komentar untuk 4 Hal yang Tak Anda Sadari Bikin Salad Jadi Tidak Sehat Lagi

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!