'Kebun Raya Bogor' Diusulkan untuk Masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

6 June 2019, 09:40 WIB
5 0 125
Gambar untuk 'Kebun Raya Bogor' Diusulkan untuk Masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO
Inisiasi pengusulan Kebun Raya Bogor menjadi Situs Warisan Dunia dimulai sejak 25 September 2017. Setelahnya, dimulai penyusunan dokumen tentative list sebagai prasyarat awal nominasi. “Dokumen tentative list diajukan ke UNESCO melalui Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 8 Juni 2018. Kebun Raya Bogor kemudian resmi terdaftar di Tentative List UNESCO World Heritage Site pada tanggal 26 April 2018,” jelas Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati.

Ada tiga komponen nilai utama dalam pengajuan Kebun Raya yang kini berusia 202 tahun tersebut. Kebun Raya Bogor merupakan pusat riset botani tropika dunia yang juga melahirkan lembaga-lembaga penelitian lainnya di Indonesia.
Kebun Raya Bogor juga menjadi pusat aklimatisasi kelapa sawit sebelum disebarluaskan ke seluruh dunia dan menjadi komoditas perkebunan yang penting hingga saat ini. Selain itu, keberadaan Kebun Raya Bogor diduga berasal dari kawasan hutan Samiddha sehingga berpotensi menjadi Kebun Raya tertua di dunia.

Sumber: Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI



Penulis: Manap Trianto

  Komentar untuk 'Kebun Raya Bogor' Diusulkan untuk Masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!