343 Ribu Warga Brebes Masih Hidup di Bawah Garis Kemiskinan

34456 medium ilustrasi kemiskinan di brebes nenek tinggal di gubuk 350x250

BREBES – Pada rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan kemiskinan Tahun 2018, di Gedung KORPRI jalan MT Haryono Brebes, Selasa 2 Oktober 2018, Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Kabupaten Brebes Ratnawati menyampaikan, berdasarkan data BPS, kemiskinan di Kabupaten Brebes tahun 2017 sebesar 343.460 jiwa atau 19,14 persen.

“Rakor ini bertujuan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan yang ada di OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes,” ucap Ratnawati.

Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari Camat, Kepala Desa, kepala SKPD serta pemangku Kepentingan terkait lainya turut hadir dalam rakor tersebut.



Wakil Bupati Brebes Narjo yang juga ketua Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) mengatakan, penanggulangan kemiskinan merupakan tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan secara bersama – sama.

Oleh karena itu, kata dia, melalui rapat kordinasi semacam ini diharapkan akan terbentuk kordinasi yang baik yang dapat merumuskan jalan terbaik untuk permasalahan yang sangat penting.

“Bukan hanya Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda saja, tapi semua OPD harus mempunyai program kegiatan yang dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di Kabupaten Brebes, sehingga ke depan jumlah kemiskinan dapat semakin berkurang,” ucap Narjo.

Sementara itu, Staf Unit Advokasi Daerah Sekertariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat Neng Siti Saidah membeberkan, berdasarkan data BPS penduduk miskin nasional berkurang 5,95 juta jiwa. Adapun tingkat kemiskinan dan jumlah penduduk miskin Nasional pada 2017 sebesar 26,58 Juta jiwa atau 10,12 persen. Sedangkan tahun 2009 mencapai 32,53 juta jiwa atau 14,15 persen.

“Artinya selama 7 tahun, penduduk miskin berkurang sebesar 5,95 juta jiwa,” ucap Neng Siti Saidah.

Menurut dia, penurunan angka kemiskinan tersebut karena seluruh komponen masyarakat saling peduli dan bekerja bersama untuk menanggulanginya.

Di Kabupaten Brebes, kata dia, berdasarkan strategi dan program percepatan penanggulangan kemiskinan sesuai Perpres RI No.15 tahun 2010, Perpres RI No.166 Tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Brebes telah melakukan beberapa upaya percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Dirinya mengaku bangga karena terjalin sinergi kegiatan SKPD terkait, seperti gerakan kembali bersekolah, jamkesda, perbaikan Rumah Tidak Layak Huni, perbaikan jamban sehat, santunan kematian, serta bantuan modal usaha untuk rumah tangga miskin. “Semua kegiatan tersebut bermuara pada upaya mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten brebes,” kata dia.
Panturapost.com
Sudah dilihat 41 kali

Komentar