3 Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan

56519 medium 01042019
Sawi putih adalah salah satu sayuran yang paling sering diolah menjadi hidangan sayur yang lezat. Tetapi, manfaat sawi putih ternyata tidak berakhir di piring Anda saja karena sayuran ini merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Yuk, intip beragam kandungan nutrisi dalam sawi putih dan manfaatnya untuk tubuh berikut ini.

Kandungan nutrisi sawi putih
Seperti kebanyakan jenis sayuran, sawi putih adalah bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Bayangkan saja, 100 gram sawi putih hanya mengandung 9 kalori. Sayuran ini juga mengandung 1,7 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, dan 1 gram protein. Padahal, protein biasanya identik dengan sumber makanan hewani seperti daging dan ikan.

Selain itu, sawi putih juga merupakan penyumbang dari berbagai jenis vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral tersebut di antaranya adalah vitamin B-1, vitamin B-6, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan natrium. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi sawi putih, bukan?

Manfaat sawi putih untuk kesehatan
Berikut adalah berbagai manfaat sawi putih yang sayang jika dilewatkan.

1. Baik untuk pasien ginjal
Sebagian besar sayuran mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Padahal, penderita penyakit ginjal umumnya disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi kalium karena dapat memengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

Kabar baiknya, sawi putih adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalium terendah. Seratus gram sawi putih mengandung 95 miligram kalium, atau hanya sekitar 2 persen dari kebutuhan kalium harian. Jumlah ini bahkan lebih rendah dari kol, terung, mentimun, dan bayam.

2. Membuat mata lebih sehat
Manfaat sawi putih juga berguna bagi kesehatan mata. Anda mungkin telah akrab dengan beta-karoten dan vitamin A. Nah, alfa-karoten ternyata sama pentingnya dengan beta-karoten karena keduanya merupakan bahan baku dari vitamin A yang penting untuk memelihara kesehatan mata Anda. Sumber alfa-karoten terbaik di antaranya adalah labu, wortel, ubi, sawi putih, dan alpukat.

3. Cocok untuk yang sedang berdiet
Sayur-sayuran lembaran seperti sawi putih mengandung beragam nutrisi tapi juga rendah kalori. Sayuran ini juga tinggi kadar air dan serat sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Keunggulan inilah yang membuat sawi putih memiliki manfaat bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Cara mudah mengolah sawi putih
Salah satu cara paling mudah untuk mengolah sawi putih adalah dengan menumisnya. Anda membutuhkan bahan yang terdiri dari:

1 bonggol sawi putih, bersihkan dan potong
1 bawang bombay kecil, potong
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt jahe cincang
2 sdt minyak sayur
2 sdm kecap
2 sdt minyak wijen
Untuk membuatnya, panaskan terlebih dulu minyak sayur di atas wajan. Masukkan bawang bombay, bawang putih, dan jahe, lalu masak hingga wangi selama satu menit. Kemudian, masukkan sawi putih dan masak hingga layu selama dua menit.

Setelah sawi layu, tambahkan kecap dan aduk selama tiga menit atau hingga semua bahan tercampur rata. Angkat tumis sawi dari wajan, lalu berikan minyak wijen sebagai penambah rasa.

sumber: hellosehat
foto: hellosehat
Sudah dilihat 51 kali

Komentar