3 Kiat Mengakali Sepatu Kekecilan Agar Tetap Nyaman Dipakai

69276 medium 8082019%281%29
Mungkin, Anda memiliki sepatu yang kesempitan namun tak sanggup membuangnya. Entah karena model atau kualitasnya yang masih bagus. Ingin memakainya, sayangnya membuat kaki sakit. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sepatu kekecilan.

Cara mengatasi sepatu yang kekecilan
Ukuran sepatu yang sedikit lebih kecil merupakan kesalahan memilih dan memakai sepatu yang umum terjadi. Hal ini tentu saja bikin kaki sakit dan tak nyaman.

Kondisi ini tentu bisa diakali jika Anda mengetahui triknya. Ini dia cara mengatasi sepatu kekecilan agar tetap nyaman dipakai.

1. Renggangkan sepatu dengan hair dryer
Cara pertama untuk mengatasi sepatu yang kekecilan adalah dengan meregangkannya atau melonggarkannya. Bagaimana caranya?

Cukup mudah. Untuk sepatu boot yang terbuat dari kulit atau suede shoes (seperti beludru), Anda bisa merenggangkan sedikit ukuran sepatu dengan memanaskannya dengan menggunakan hair dryer.

Anda perlu menyiapkan hair dryer, kaus kaki, dan pelembap kulit.

Caranya, pakailah satu atau dua pasang kaus kaki tebal di kedua kaki Anda. Jika sepatu Anda bertali, lepaskanlah talinya terlebih dulu.

Arahkan hair dryer selama dua menit di bagian depan, samping, atau belakang sepatu secara bergantian.

Semakin sering Anda melakukan ini, sepatu akan jadi lebih longgar. Namun, pakailah pelembap pada kaki supaya tidak kering, baik itu sebelum atau sebelum melakukan cara ini.

2. Pakai alat peregang sepatu
Cara mengatasi sepatu kekecilan selanjutnya sangat sangat direkomendasikan untuk sepatu kulit, flat shoes, dan oxford shoes.

Untuk cara ini, Anda membutuhkan alat khusus untuk merenggangkan sepatu. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah secara online.

Cara ini dianggap paling aman, karena tidak menggunakan panas yang kerap kali merusak warna sepatu.

Anda cukup memasang alat ini ke dalam sepatu dan memutar pengait yang ada di belakangnya. Pengait yang berputar dapat melebar dan kembali merapat, sehingga bisa membantu melebarkan ukuran sepatu.

Setelah bagian bawahnya direnggangkan, biarkan 6 hingga 8 jam.

3. Taruh sepatu dalam freezer
Selain suhu panas, memanfaatkan suhu dingin juga bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi sepatu kekecilan.

Cukup masukkan air yang ditempatkan dalam plastik ziplock. Tutup dengan kencang supaya air tidak tumpah dan letakkan di dalam sepatu. Setelahnya, simpan di dalam freezer dan diamkan selama 20 menit.

Lakukan metode ini beberapa kali sampai ukuran sepatu jadi membesar. Cara ini lebih cocok untuk sepatu kets, sepatu non-kulit, dan sepatu dengan ujung yang runcing.

Namun, jangan memaksa memakai sepatu jika….
Meski telah melakukan berbagai cara, tidak semua berhasil untuk mengatasi sepatu yang sudah telanjur kekecilan. Terutama jika ukurannya memiliki selisih yang cukup besar dengan ukuran kaki.

Jadi, bila sepatu masih saja sempit dan tidak nyaman dipakai meski Anda telah berusaha mengakali, sebaiknya ganti dengan sepatu lain.

Ingat memakai sepatu yang kekecilan tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tapi juga masalah pada kaki.

Dikutip dari laman American Academy of Orthopaedic Surgeon, sepatu yang sempit bisa menimbulkan masalah, seperti:

Kulit kaki melepuh, lecet, dan kuku tumbuh ke dalam
Bunion atau pembesaran tulang dan jaringan di sekitar sendi pangkal ibu jari kaki
Mata ikan karena kaki terus-menerus mendapat tekanan dari sepatu yang sempit
Crossover foot, yakni jari yang jadi terus menekuk
Agar tak perlu repot-repot mengatasi sepatu yang kekecilan, pastikan Anda telah membeli ukuran sepatu yang tepat. Lebih baik jika Anda mendatangi langsung toko sepatu saat membeli, ketimbang membeli online.

Dengan begitu, Anda bisa benar-benar memastikan apakah ukurannya sudah tepat dan nyaman dipakai atau tidak.

sumber: hellosehat
foto: hellosehat
Sudah dilihat 21 kali

Komentar