2020, Pemkot Depok Targetkan Bentuk 500 Sekolah Ramah Anak

55014 medium 22032019%281%29
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen menambah jumlah Sekolah Ramah Anak (SRA), sebagai tindak lanjut dari upaya mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) Utama. Dari 423 SRA yang ada di Kota Depok, Pemkot Depok bertekad menambahnya menjadi 500 SRA di tahun 2020.

“Peringkat Kota Depok saat ini berada di Nindya. Artinya, jumlah SRA di Kota Depok sudah lebih dari 50 persen. Namun demikian, untuk sampai ke peringkat Utama, minimal 90 persen sekolah di Depok harus SRA. Secara perlahan kita ke arah sana,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin, di Balai Kota, Kamis (21/03/2019).

Dikatakannya, untuk sekolah yang sudah ramah anak, dirinya berharap mereka terus melakukan pembenahan, menyempurnakan komponen dan indikator SRA. Thamrin menambahkan, penetapan SRA harus diawali dari kesadaran dan komitmen pihak sekolah.

Hal itu, kata Thamrin, karena yang akan melaksanakan indikator SRA adalah sekolah dan warga yang terlibat di dalamnya. Seperti pemasangan papan nama SRA atau toilet laki-laki dan perempuan yang terpisah.

Mohammad Thamrin menambahkan, dari sisi pengawasan pihaknya akan memaksimalkan peran para pengawas sekolah. Sekurangnya ada 77 pengawas dari jenjang PAUD hingga SMP yang akan memonitoring pemenuhan indikator di sekolah ramah anak.

“Nanti per tiga bulan sekali, mereka harus laporan ke Disdik. Itu kalau di negeri, adapun di madrasah Kemenag Depok juga memiliki petugas pengawas. Jadi kita sama-sama mengawal berjalannya SRA di Kota Depok ini,” ucapnya.

sumber: pemkotDepok
foto: diskominfoDepok
Sudah dilihat 29 kali

Komentar