20 MANFAAT TEPUNG MOCAF GARUT BAGI KESEHATAN SEBAGAI PENGGANTI TERIGU

30201 medium post 39225 0c0d0217 bc02 49d9 b7b0 424cded97bba 2018 08 13t15 08 03.529 07 00
20 Manfaat Tepung Garut Pada Kesehatan

Garut merupakan salah satu jenis umbi yang memiliki nama latin Maranta arundinacea dan kebanyakan masyarakat Jawa menyebutnya dengan sebutan ganyong. Tanaman garut bukanlah jenis tanaman yang berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Akan tetapi memang nama tumbuhannya yakni garut. manfaat umbi garut banyak dimanfaatkan sebagai salah satu makanan yang juga dapat mengenyangkan perut. Dulunya, umb garut dimanfaatkan sebagai makanan pada masa paceklik. Sekarang ini, garut sudah diolah dalam beberapa bentuk. Salah satunya dalam bentuk tepung garut.

Kandungan Gizi Umbi Garut

Tanaman garut mudah di tanam dipekarangan rumah, dan biasanya akan tumbuh subur dan berbunga ketika musim hujan. Umbi garut yang pada zaman dahulu dijadikan makanan sekunder pada saat masa paceklik manfaat umbi gembil bagi kesehatan, juga memiliki berbagai kandungan gizi yang juga baik untuk dikonsumsi. Beberapa kandungan di dalam umbi garut diantaranya: Protein, Serat, Lemak, Pati, Abu, Zat Besi, Magnesium, Kalium, Fosfor, Kalium, Vitamin B, Tiamina, Riboflavin dan juga Folat.Meskipun hanya digunakan sebagai makanan cadangan, akan tetapi manfaat tepung garut tidak kalah dengan jenis tanaman lain yang sering dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang bagus.

Manfaat Tepung Garut Untuk Kesehatan

Tidak seperti zaman dahulu, garut digunakan untuk makanan pengganti ketika paceklik, sekarang ini garut sudah diolah menjadi banyak olahan makanan dan juga diolah menjadi tepung. Tepung garut sendiri dipercaya memiliki berbagai manfaat, sehingga sekarang ini banyak dijual di pasaran. Tepung garut memang tidak sepopuler tepung terigu dan tepung beras. Akan tetapi, manfaat dalam tepung garut juga tidak kalah baiknya dengan kedua jenis tepung tersebut. Adapun beberapa manfaat dari tepung garut, diantaranya:

Pengenyal Makanan
Seperti manfaat tepung beras merah, tepung garut banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk olahan makanan. Tepung garut dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan makanan karena tepung garut dapat menjadikan makanan menjadi kenyal. Beberapa produk makanan yang dihasilkan dari tepung garut yakni seperti puding, gula-gula, es krim, dan beberapa makanan lainnya.

Mengatasi Maag
Mencampurkan tepung garut dan susu dapat membantu mengatasi penyakit maag. Tekstur lembut dari tepung garut dapat membantu meringankan kerja lambung dan mengurangi gesekan lambung. Sehingga, tepung garut dapat dikonsumsi penderita maag karena teksturnya yang lembut.

Mengatasi Luka
Penggunaan tepung garut untuk obat luar yakni dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka. Menambahkan tepung garut menggunakan air dan membalurkannya pada luka dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Membalurkan tepung garut pada luka akan membantu mempercepat penyambuhan luka yang terjadi seperti manfaat betadine untuk luka.

Mengatasi Keracunan
Tepung garut dapat dimanfaatkan menjadi obat untuk mengatasi keracunan. Kandungan di dalam tepung garut dapat membantu mengeluarkan zat racun yang telah masuk ke dalam sistem pencernaan. Sehingga tubuh dapat terhindar dari racun dan menjadi lebih sehat.


Mengatasi Diare
Adanya aktivitas bakteri penyebab diare dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan apabila tidak segera diatasi. Salah satu cara mengatasi diare selain menggunakan obat anti diare dan juga daun jambu biji muda, juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan tepung garut dan manfaat oralit. Tepung garut dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah perut, salah satunya yakni penyakit diare. Mencampur tepung garut dengan air atau susu dapat menjadi solusi diare.

Melancarkan Pencernaan
Tidak jauh berbeda dengan kandungan di dalam umbu garut, tepung garut tetap memiliki kandungan serat di dalamnya. Serat di dalam tepung garut seperti fungsi serat pada umumnya, yakni berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan.

Makanan Masa Penyembuhan
Ketika mengalami sakit pasti akan mengalami masa penyembuhan setelah sakit. Dalam masa penyembuhan terutama penyembuhan dari sakit pencernaan, makanan yang dikonsumsi harus sangat diperhatikan agar tidak menjadikan keadaan lebih buruk. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk pasien dalam masa penyembuhan yakni tepung garut. Tesksturnya yang lembut dapat menjadikan tepung garut denganmudah diserap oleh usus.

Menambah Energi
Seperti halnya dengan umbi garut, tepung garut dan manfaat tepung mocaf juga memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi makanan olahan dari tepung garut juga dapat membantu menambah energi , dan memenuhi kebutuhan harian.

Melancarkan Aliran Darah
Di dalam tepung garut, terdapat kandungan zat besi seperti kandungan di dalam umbi garut. Sama halnya dengan fungsi zat besi pada umumnya, zat besi dapat membantu proses regenesi sel darah merah dan dapat membantu melancarkan aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah, maka tubuh akan menjadi lebih vit dan lebih sehat.


Menjaga Kesehatan Otak
Kandungan asam folat yang juga terkandung di dalam tepung garut sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. manfaat asam folat membantu proses perkembangan otak dan juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan juga dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Mengatasi Wasir
Tidak hanya membantu menghambat diare, tepung garut juga dapat membantu mengatasi wasir. Mengkonsumsi tepung garut yang dicampur dengan air atau susu saja dan kemudian menunggu beberapa saat dapat membantu kembali melancarkan Buang Air Besar (BAB) sehingga dapat terhindar dari wasir. Anda pun dapat menggunakan manfaat daun suji untuk wasir.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Banyaknya kandungan mineral di dalam tepung garut menjadikan garut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi tepung garut, selain meningkatkan energi juga dapat menambah stamina sehingga baik untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Menghilangkan Bekas Luka
Tepung garut yang dicampur dengan air dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain digunakan untuk menyembuhkan luka, tepung garut juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas luka.

Selain beberapa manfaat untuk kesehatan, tepung garut juga memiliki manfaat lain untuk kehidupan sehari-hari.

Manfaat Lain Tepung Garut

Selain manfaatnya untuk kesehatan, ada juga manfaat lain dari tepung garut yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat tepung garut lainnya diantaranya:

Sebagai Bahan Pembuatan Kertas
Penggunaan tepung garut juga dapat dimanfaatkan dalam industri pembuatan kertas. Tidak hanya dimanfaatkan untuk bahan makanan dan kesehatan, tepung garut yang dijadikan bubur juga dapat dimanfaatkan dalam industri kertas dan dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kertas maupun karton.

Sebagai Bahan Papan Tembok
Tepung garut memiliki daya tahan yang kuat. Sehingga tepung garut yang diproses sedemikian rupa dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan papan tembok yang biasa dijual perlembar.

Bahan Pembuatan Bedak
Dalam industri kecantikan, tepung garut juga sangat banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan bedak. Tepung garut yang dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya dimanfaatkan untuk membuat kosmetik berupa bedak yang sering dipakai untuk mempercantik penampilan pun seperti manfaat bedak WB

Bahan Pembuatan Sabun
Tidak hanya untuk menjaga kecantikan wajah dengan dijadikan bahan pembuatan bedak, tepung garut juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan sabun. Tepung garut sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sabun karena memiliki kandungan yang dapat membersihkan.


Menjadi Bahan Pembuatan Lem
Daya rekat yang kuat ketika tepung garut dicampur dengan air, membuat tepung garut dijadikan salah satu bahan pembuatan lem. Lem yang dihasilkan dari tepung garut seperti jenis lem pada umumnya yang dapat membantu merekatkan.

Sebagai Pakan Ternak
Selain dikonsumsi oleh manusia, pati atau tepung garut juga dapat dikonsumsi oleh hewan ternak. Akan tetapi bukan tepung yang bagus yang diberikan kepada hewan ternak. Ampas sisa pembuatan tepung garutlah yang digunakan sebagai pakan ternak seperti manfaat daun pepaya bagi ternak. Dengan mencampurkan ampas tepung garut dengan bahan pakan lain, ampas tepung garut dapat diberikan kepada hewan ternak untuk pakan.

Dijadikan Pupuk
Terlalu banyak pupuk kimia yang diberikan kepada tanaman dapat menyebabkan kerusakan tanah dan juga mempengaruhi kehidupan biologis di sawah. Salah satu solusinya yakni dengan memanfaatkan bahan pupuk alami atau pupuk organik sebagai penghantar untuk menjadikan tanaman menjadi subur. Tidak hanya pupuk kompos, pupuk yang berasal dari bahan alami lannya yakni tepung garut. Tepung garut dapat dijadikan pupuk, akan tetapi memang biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Cara Membuat Tepung Garut

Sekarang ini, sudah banyak dijual tepung garut dalam kemasan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara pembuatan tepung garut sebagai berikut:

Memilih umbi garut yang segar.
Membersihkan umbi garut agar tidak bercampur dengan tanah, dan membersihkan sisik umbi garut. Usahakan membersihkan umbi garut pada air bersih yang mengalir.
Memarut umbi garut, kemudian menambahkan air bersih dan diperas diambil patinya.
Saring bubur parutan umbi garut yang sudah ditambahkan air dan diperas.
Endapkan larutan perasan pati umbi garut hingga pati terpisah dari air.
Jemur endapan pati hingga kering
Simpan dalam wadah tertutup dan di tempat yang kering.
Meskipun sudah banyak dijual tepung garut dalam kemasan, namun tidak ada salahnya untuk tahu dan dapat membuat tepung garut sendiri. Selain pembuatannya yang mudah, manfaat yang didapatkan dari tepung garut juga sangatlah beragam.
@sumber ttg lipi subang
Sudah dilihat 41 kali

Komentar