2 bulan sudah 3 wilayah di Kabupaten Bekasi alami kekeringan

64795 medium post 69615 d5b749ba 1626 4241 a534 9a99cae786cc 2019 06 27t14 44 29.887 08 00
Dua bulan sudah ‎tiga desa di kecamatan Cibarusa, Kabupaten Bekasi kekeringan, adapun wilayahnya meliputi Desa Ridogalih, Desa Sirnajati, dan Desa Ridomanah di Kecamatan Cibarusah, dua bulan sejak mata air tidak mengering, warga mengambil air dari Kali Cihoe dan bantuan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi.
"Kekeringan sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Warga di tiga desa itu hanya mengandalkan air dari bantuan PDAM dan aliran Kali Cihoe," ujar Satuan Tugas (Satgas) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Andika, Kamis (27/6/2019).
Dia katakan di wilayah ini jika sudah masuk musim kemarau kerap alami kekeringan. Kekeringan juga melanda warga yang bermukim di Kecamatan Bojongmangu, Serang Baru, Cikarang Pusat dan beberapa kecamatan lainnya.
Melihat struktur tanah, Di wilayah Cibarusah, terutama di Desa Ridomanah, merupakan dataran tinggi dengan kondisi tanah berbatu dan tidak mengandung air.
"Warga yang membuat sumur, tidak menemukan sumber air karena tanahnya berbatu dan berkapur," tuturnya.
Kendati sudah diberikan bantuan air bersih, namun tidak semua warga di tiga desa di Kecamatan Cibarusah yang memiliki layanan air bersih dari PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.
"Pemberian ‎bantuan air bersih juga tidak setiap hari. Kami memberikan air bersih sesuai dengan permintaan warga," katanya.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya, menambahkan pihaknya akan beri air bersih namun dijadwalkan.
"Kami jadwalkan untuk memberikan air bersih. Mudah-mudahan kebutuhan air bersih mereka bisa terpenuhi," tuturnya.
Adeng berharap, perusahaan swasta, terutama yang ada di Kabupaten Bekasi, ikut andil babtubwarga yang kesulitan air bersih di wilayah
"Peran perusahaan sangat diperlukan untuk membantu menyalurkan air bersih kepada masyarakat," imbuhnya.
sumber:
(Tiga Desa di Kabupaten Bekasi Terdampak Kekeringan ‎Sejak 2 Bulan Lalu)
Sudah dilihat 28 kali

Komentar