19 MANFAAT DAUN BIDARA UNTUK KESEHATAN

26014 medium 19 khasiat dan manfaat daun bidara untuk kesehatan 600x373



Bidara merupakan salah satu jenis pohon kecil yang dapat hidup di lingkungan yang bersuhu kering. Meskipun banyak orang yang menganggap bahwa tanaman ini hanya sebagai tanaman liar, ternyata tanaman bidara memiliki banyak manfaat bagi manusia loh, terutama bagian daunnya. Lalu apa saja manfaat daun bidara untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Bidara
Gambar tanaman bidara via pinterest.com
Pohon bidara umumnya dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter dan memiliki daun yang cukup lebat. Dimana daun yang masih muda dapat diolah menjadi sayuran, sedangkan daun yang tua dapat digunakan untuk pakan ternak. Selain itu, air rebusan daun bidara juga dapat diminum sebagai jamu untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi beberapa jenis penyakit. Berikut ulasan lebih lengkapnya beberapa manfaat dari daun bidara.


MANFAAT DAUN BIDARA

Berikut 19 manfaat daun bidara bagi kesehatan:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Jika bagian tubuh Anda mengalami luka, Anda dapat menggunakan daun bidara yang sudah dibersihkan sebelumnya untuk menghentikan pendarahan.

Tidak hanya itu, daun bidara juga dapat mempercepat pemulihan luka lebih cepat dan tertutup kembali dengan sempurna. Selain itu, daun bidara juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar, karena adanya khasiat daun bidara yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit baru.

2. Mengatasi Jerawat

Daripada melakukan perawatan yang mahal, Anda dapat mencoba menggunakan daun bidara yang mudah dan terjangkau untuk mengatasi jerawat. Untuk penggunaannya, rendamlah daun bidara yang sudah dihancurkan dalam air selama beberapa jam, kemudian kompres jerawat dengan air bidara tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa membuat pasta daun bidara. Caranya adalah hancurkan daun bidara sehalus mungkin dan dicampur dengan air hingga mencapai konsistensi seperti pasta. Gunakan pasta ini sebagai masker daun bidara secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika Anda memiliki segudang aktivitas dan mudah merasa lelah atau sakit, sebaiknya konsumsilah daun bidara yang diolah menjadi jus daun bidara atau meminum air rebusan daun bidara. Hal ini dapat membantu Anda memperoleh daya tahan tubuh yang kuat sehingga menjadi tidak mudah lelah dan sakit.

4. Mengatasi Depresi

Meskipun daun bidara tidak bisa menyembuhkan masalah kejiwaan, namun daun herbal dapat membuat sistem syaraf Anda yang tegang menjadi lebih tenang sehingga pikiran menjadi lebih rileks. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan cara dibuat jus atau meminum air rebusan dari daun bidara.

5. Mencegah Diabetes

Manfaat daun bidara yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah diabetes. Hal ini karena daun bidara dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah, melindungi sistem tubuh dari kelainan pengaturan kadar gula, serta mengatur sistem perlindungan produksi insulin.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun bidara dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah adanya kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat membantu Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit terkait pencernaan dan lambung.

7. Mengatasi Masalah Keputihan pada Wanita

Keputihan merupakan sebuah gangguan yang terdapat dalam organ reproduksi wanita. Meskipun penggunaan daun sirih lebih populer untuk mengatasi masalah ini, daun bidara ternyata juga memiliki fungsi dan khasiat untuk menghilangkan keputihan dan menjaga organ reproduksi wanita agar tetap sehat.



8. Memperlancar Haid pada Wanita

Tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi keputihan. Daun bidara juga dapat digunakan untuk memperlancar haid. Untuk penggunaannya, gunakan ekstrak daun bidara untuk diminum secara rutin. Hal tersebut dipercaya dapat memperlancar haid pada wanita setiap bulannya.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Daun bidara yang dihaluskan dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Anda dapat menggunakan daun bidaran yang sudah dihaluskan untuk diterapkan pada rambut seperti memakai masker rambut. Dengan begitu rambut akan menjadi lebih sehat dan tampak lebih berkilau.

10. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian cukup banyak pada para penderitanya. Dengan mengonsumsi daun bidara secara rutin dapat membantu Anda dalam mengatasi dan mencegah berkembangnya sel kanker dan tumor dalam tubuh.

11. Menjaga Kesehatan Mulut

Adanya masalah dalam mulut biasanya ditandai dengan sariawan atau bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan daun bidara. Hal ini karena di dalam daun bidara memiliki kandungan antioksidan alami yang cukup tinggi dan mampu menghalau berbagai bakteri untuk menetap di dalam mulut sehingga mulut akan menjadi lebih sehat.

12. Meningkatkan Nafsu Makan

Meskipun terdengar sepele, masalah penurunan nafsu makan ternyata perlu perhatian khusus. Hal ini karena menurunnya nafsu makan dalam jangka panjang mampu menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, terutama terkait pencernaan. Untuk mengatasi hal ini, konsumsilah daun bidara yang sudah dikemas dalam kapsul untuk membantu meningkatkan nafsu makan Anda.

Artikel terkait: Manfaat Buah Bidara

Selain 12 khasiat dan manfaat daun bidara untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, daun bidara ternyata masih memiliki berbagai manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari daun bidara:

13. Mengatasi Wasir

14. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

15. Menurunkan Panas Demam

16. Mengatasi Gangguan Tidur seperti Insomnia

17. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

18. Meningkatkan Stamina Pria

19. Dapat Digunakan dalam Berbagai Prosesi Ibadah


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daun bidara untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat

Khasiatsehat.com
Sudah dilihat 269 kali

Komentar