14.000 Blangko KTP Elektronik Disebar di Tiap Kecamatan

27419 medium 25805


BREBES - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes menerima sedikitnya 14.000 keping blangko KTP-el dari pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi Jawa Tengah. Sekitar 8.000 keping blangko di antaranya sudah distribusikan di 17 kecamatan di Kabupaten Brebes.

Kepala Disdukcapil Asmuni mengungkapkan, saat ini tersisa sekitar 6.000 keping blangko yang masih dipegang oleh pihaknya dan nantinya akan dibagi rata di tiap kecamatan. Terkait dengan keterbatasan stok blangko KTP-el, Asmuni menyebut bahwa itu bergantung pada pemerintah pusat.

"Kemarin sudah mendapat 14.000 keping dan di kami ada 6.000 keping. Sisanya sudah disebar di 17 kecamatan," kata Asmuni, kemarin.

Asmuni menegaskan, pada intinya pemerintah pusat selalu siap untuk memenuhi kebutuhan blangko KTP-el di tiap daerah. Pihaknya pun selalu mengajukan permintaan blangko jika stok blangko KTP-el di Kabupaten Brebes sudah menipis.

Pendistribusian blangko harus berdasarkan permintaan pemerintah daerah dengan menyesuaikan kebutuhan per bulannya. "Terkait blangko KTP-el ini pada intinya pemerintah pusat selalu siap menyediakan dengan mendistribusikannya di tiap daerah jika ada permintaan," tambahnya.

Untuk pencetakan KTP-el, lanjut dia, bergantung pada data server di pemerintah pusat. Ada tiga kode yang ada di surat keterangan (suket) pengganti KTP-el yang beredar di masyarakat. Dia menjelaskan, persoalan belum dicetaknya KTP bukan hanya karena kekurangan blangko. Namun juga proses verifikasi penunggalan data tersebut.

"Yang pertama kodenya BC itu artinya data sudah direkam, namun belum diverifikasi ke pusat, yang ke dua SFE itu sedang diverifikasi di pusat terkait biodata ganda, yang harus ditunggalkan, dan terakhir PRR yakni yang sudah siap cetak," bebernya.

Lebih lanjut, salah seorang operator KTP-el di Kecamatan Bulakamba, Sandy menuturkan, warga diminta sering memeriksa dengan menanyakan kepada petugas terkait kode yang tertera di suket. Jika kode sudah PRR maka KTP-el bisa langsung dicetak.

"Kalau data itu ada di pemerintah pusat. Jadi warna harus sering memeriksa kode di suket apakah siap cetak atau belum," tandasnya.
Radartegal.com
Sudah dilihat 45 kali

Komentar