12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

1 September 2019, 18:10 WIB
1 0 195
Gambar untuk 12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh
Bawang putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat dan memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Berikut adalah 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Menangkal pilek

Ingin mencegah hidung tersumbat akibat pilek? Anda bisa memasukkan bawang putih ke dalam masakan untuk menangkal pilek. Salah satu manfaat bawang putih adalah meningkatkan sistem imun tubuh dan mengatasi pilek.

Sebuah riset menemukan bahwa kandungan allicin dalam bawang putih mampu mengurangi peluang terkena pilek dan membuat orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh.

2. Meningkatkan performa olahraga

Jangan salah, manfaat bawang putih tidak hanya untuk menangkal pilek, tetapi juga mampu meningkatkan performa olahraga. Meskipun demikian, penelitian mengenai efek bawang putih terhadap performa fisik masih lebih banyak dilakukan pada tikus.

Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik setelah diberikan minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari  selama enam minggu

Namun, penelitian-penelitian mengenai bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan memerlukan riset lebih lanjut.

3. Bisa menjadi ‘antibiotik alami’ 

Kandungan diallyl sulfide dalam bawang putih ditemukan dapat melawan bakteri Campylobacter penyebab gangguan pencernaan dan bahkan 100 kali lipat lebih efektif daripada antibiotik umum yang sering digunakan.

Manfaat bawang putih yang dapat melawan bakteri tertentu membuatnya berpotensi untuk menjadi alternatif ‘antibiotik alami’.

4. Mengurangi risiko kanker paru

Orang yang mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko terkena kanker paru yang lebih rendah sebesar 44 persen.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat bawang putih dalam mencegah kanker paru.

5. Meringankan keracunan timah

Selain kandungan diallyl sulfide, kandungan sulfur dalam bawang putih diyakini mampu melindungi organ tubuh dari kerusakan akibat keracunan logam berat, seperti timah.

Bawang putih ditemukan dapat mengurangi kadar timah dalam darah sebesar 19% pada karyawan yang bekerja di pabrik yang memproduksi baterai untuk mobil.

Tidak hanya kadar timah, bawang putih juga dapat meringankan gejala keracunan, seperti sakit kepala dan sebagainya. Bahkan, pemberian bawang putih sebanyak tiga kali sehari lebih ampuh dalam meringankan gejala keracunan daripada obat D-penicillamine.

6. Mengurangi kadar kolesterol 

Manfaat bawang putih yang lainnya adalah mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Pemberian suplemen bawang putih ditemukan mampu mengurangi kadar kolesterol LDL sebanyak 10-15 persen.

7. Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darahsudah cukup umum diketahui.

Suatu penelitian menemukan bahwa pemberian 600-1.500 miligram ekstrak bawang putih memberikan efek yang setara dalam menurunkan tekanan darah seperti obat Atenolol selama dalam jangka waktu 24 minggu.

Bila Anda ingin menggunakan bawang putih mentah, maka Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak empat siung per harinya untuk menurunkan tekanan darah.

8. Mampu melindungi jantung

Kandungan diallyl trisulfide dalam minyak bawang putih dapat membantu melindungi jantung setelah serangan jantung dan seusai bedah jantung, serta dapat digunakan sebagai penanganan untuk gagal jantung.

Penelitian yang dilakukan pada tikusmenunjukkan bahwa terdapat penurunan kerusakan jantung sebanyak 61% setelah zat diallyl sulfide diberikan pada tikus yang terkena serangan jantung.

9. Meningkatkan kesehatan tulang pada wanita

Pada tikus betina, pengeroposan tulang dapat ditanggulangi dengan pemberian bawang putih untuk meningkatkan kadar estrogen.

Oleh karenanya, bawang putih berpotensi tidak hanya meningkatkan kadar estrogen tetapi juga dapat mencegah pengeroposan tulang pada wanita. Akan tetapi, masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai manfaat bawang putih terhadap tulang.

10. Mencegah demensia dan Alzheimer

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko  terkena demensia dan Alzheimer.

Manfaat bawang putih dalam mencegah demensia dan Alzheimer dikarenakan kemampuannya dalam mencegah penurunan kognitif dengan melindungi sel saraf.

Namun, serupa dengan manfaat bawang putih terhadap kesehatan tulang, riset mengenai manfaat bawang putih untuk mencegah demensia dan Alzheimer masih perlu studi lebih lanjut.

11. Mengurangi risiko terkena osteoartritis pinggul

Riset menunjukkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi sayuran jenis allium, seperti bawang putih, memiliki risiko terkena osteoartritis pinggul yang lebih rendah.

Riset lebih lanjut masih diperlukan untuk menjadikan bawang putih sebagai pengobatan alternatif untuk osteoartritis pinggul.

12. Menurunkan peluang terjangkit kanker prostat 

Manfaat bawang putih tidak hanya untuk menangkal osteoartritis pinggul, tetapi juga dapat mengurangi peluang terkena kanker prostat. Namun, penelitian tambahan masih dibutuhkan untuk melihat manfaat bawang putih terhadap penurunan risiko kanker prostat.

sumber: SehatQ.com

  Komentar untuk 12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  3. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  4. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    PT Chandra Asri Dukung Penerapan Aspal Plastik Di Semarang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Semarang Kota  |  22 May 2020