11 Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

32226 medium jogja 3
http://kilikili-adventure.com/intermezzo/story/11-info-seputar-wisata-yogyakarta-jawa-tengah

11 Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta - Yogyakarta atau yang biasa juga disebut Daerah Istimewa Yogyakarta atau Yogya atau Jogjakarta atau Jogja merupakan sebuah Provinsi yang ada di Jawa Tengah, Pulau Jawa. salah satu alasan kenapa Yogyakarta disebut Daerah Istimewa karena destinasi ini menjadi tempat yang meninggalkan rindu setiap wisatawan yang mengunjunginya. Berikut 11 Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang lain :

1. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di Jawa Tengah yang memiliki luas 3.185km2 terdiri atas satu kotamadya, empat kabupaten, 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan dan memiliki populasi sekitar 3.452.390 jiwa.

2. Daerah istimewa Yogyakarta memiliki sejarah yang kuat seperti sistem kerajaan yang masih terjaga hingga saat ini dan peraturan kerajaan masih diterapkan yang juga tetap mengacu pada hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Yogyakarta atau Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang sistem pemerintahannya merupakan peleburan antara Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alam.

4. Keistimewaan DIY diatur dalam UU No. 13 tahun 2012 yang meliputi : tata cara pengisian jabatan, kedudukan, tugas, dan wewenang Gubernur, dan Wakil Gubernur, kelembagaan pemerintah daerah DIY, kebudayaan, pertahanan, dan tata ruang.

5. Selain dijuluki sebagai daerah yang istimewa, Yogyakarta juga mempunyai sebutan sebagai kota pelajar. Alasannya adalah karena kota ini memiliki perguruan tinggi yang paling di Indonesia, fasilitas dan kualitas yang dihasilkan pun sangat berkompeten, dan juga tingginya minat belajar dari kota ini. (Sumber www.kilikili-adventure.com)

Klik Tautan berikut untuk Artikel selengkapnya.
http://kilikili-adventure.com/intermezzo/story/11-info-seputar-wisata-yogyakarta-jawa-tengah
Sudah dilihat 12 kali

Komentar