10 wisata di Lamongan yang asik dikunjungi di waktu liburan.

26476 medium img 20180330 143907
Berikut 10 tempat wisata di Lamongan :

1. Wisata Bahari Lamongan (WBL)
Wisata Bahari Lamongan merupakan lokasi wisata paling terkenal dan menjadi ikon Lamongan.  Tak hanya menyajikan pemandangan indah, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana menantang. 

Dulu, wisata di jalur Pantura antara Tuban-Surabaya ini lebih populer dengan nama Pantai Tanjung Kodok. Akan tetapi, pihak pengelola membuat tempat wisata ini menjadi  lebih menarik dan menjadi kunjungan wajib bagi wisatawan.

2. Mazola
Mazola letaknya tak jauh dari WBL. Mazola  merupakan akronim dari Maharani Zoo & Goa Lamongan.

Tempat wisata ini berupa wisata goa Maharani. Goa Mazola terbentuk karena penambangan forfat tahun 1992.

Di dalam goa, pengunjung bisa menyaksikan ratusan hewan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati taman satwa, geleri satwa, dan galeri batuan.

3. Pantai Kutang
Keindahan Pantai Kutang menarik wisatawan. Pantai ini pun dijuluki predikat 'perawan'. Penamaan pantai ini karena kerap ditemukan pakain dalam perempuan di pantai ini, kutang.

Pantai Kutang terletak di ujung Dusun Kenthong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan. 

4. Waduk Gondang
Bendungan atau Waduk Gondang merupakan salah satu wisata alam di sebelah Barat kota Lamongan. Selain menajdi lokasi wisata pilihan, waduk ini masih berfungsi sebagai irigasi ribuan sawah di Lamongan.

Di sekitar waduk, terdapat pepohonan rimbun sehingga pengunjung bisa merasakan kesejukan di Waduk Gondang.

Pengunjung juga bisa naik perahu motor untuk berkeliling waduk. Anda cukup membayar  Rp 60.000 dengan kapasitas 10 orang/perahu untuk berkeliling danau.

5. Gunung Pegat
Gunung Pegat merupakan bukit-bukit kapur yang menghubungkan kota Lamongan dengan Kota Jombang. Bukit-bukit kapur yang berada di gunung ini akan membuat Anda takjub dengan keindahan alam unik.

Namun, hati-hati ke Gunung Pegat ini bila berpasangan. Ada mitos yang masih berlaku bahwa pegat yang berarti berpisah, ini dipercaya dapat mengakibatkan putusnya hubungan dua sejoli.

6. Monumen Van Der Wijk
Jika Anda menggemar karya sastra klasih Indonesia, Hamka, maka monumen Van Der Wijk ini jangan sampai dilewatkan.

Monumen Van Der Wijk merupakan monumen yang didirikan pemerintah Belanda untuk mengenang tragedi tenggelamnya kapal Van Der Wijk.

Kisah kapal karam itu pun menjadi ide dalam film Indonesia berjudul  Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Film yang dibintangi oleh artis Pervita Pears dan Junot Ali ini lantas membuat banyak penonton yang penasaran mengunjungi Monumen Van Der Wijk.

7. Pantai Brondong
Terletak di Desa Brondong, Pantai Bondong berjarak sekitar 47 Km dari pusat Kota Lamongan. Di sini, Anda dapat berlayar menyusuri pantai menggunakan kapal tradisional sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Pantai ini juga menjadi sentra penjualan ikan-ikan segar berkualitas tinggi dengan harga murah.

8. Makam Sunan Drajat
Makam salah satu Walisongo--penyebar agama Islam di Pulau Jawa--ada di Lamongan yaitu makam Sunan Drajat. Makam ini dapat ditempuh selama 30 menit dari pusat Kota Lamongan.

Selain makan, Anda juga dapat mengunjungi museum yang dibangun dan sudah diresmikan  tahun 1994.

9. Sendang Brumbun

Sendang Brumbun berupa kolam air panas yang berlokasi di Kecamatan Paciran, Desa Kranji,  memiliki kisah sejarah beraroma mistis.

Menurut kepercayaan warga sekitar, kolam Brumbung pernah berubah warna dan meracuni penduduk desa.

Namun setelah sunan Drajat menancapkan pedang sakti, warma air di kolam ini pun lantas kembali seperti semula.

Warga setempat juga percaya bahwa siapapun yang berendam di kolam dengan luas 5 x 10 meter ini dapat sembuh dari berbagai penyaki
Sudah dilihat 56 kali

Komentar