10 Pemerintah Daerah Komitmen Penguatan Budaya Masyarakat Tangguh Bencana

55939 medium 10 pemerintah daerah komitmen penguatan budaya masyarakat tangguh bencana
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo bersama dengan 10 Kepala Daerah di tingkat provinsi dan daerah istimewa berkomitmen untuk penguatan budaya masyarakat tangguh bencana. Komitmen bersama tersebut berlangsung pada Rabu (27/3) di Bandung, Jawa Barat.

Melalui penguatan budaya ini, pengetahuan budaya atau kearifan lokal mampu terus hidup di dalam masyarakat sehingga sejak dini anak-anak mendapatkan pemahaman terkait potensi ancaman di sekitar.

Kesepuluh wilayah provinsi dan daerah istimewa merupakan anggota Mitra Praja Utama (MPU) yang teridentifikasi sebagai wilayah rawan bencana. Kondisi ini mendorong masyarakat di setiap wilayah tadi untuk mengantisipasi ancaman bahaya, dan apabila terjadi bencana dapat segera pulih menuju kondisi normal. Tujuan akhir dari komitmen bersama ini yaitu masyarakat tangguh bencana.

Penguatan budaya ini akan berbasis kearifan lokal serta budaya gotong royong dan tolong menolong. Di samping itu, komitmen tadi juga menyasar beberapa komponen seperti

- edukasi, sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana.

- Perbaikan ekosistem kawasan rawan dan rentan bencana

- Perencanaan pembangunan berbasis mitigasi bencana

- Ketangguhan bencana pada infrastruktur vita

- Skema pembiayaan kebencanaan

- Pemenuhan kebutuhan darurat korban bencana dan

- Bidang lain yang disepakati bersama.

Sumber: BNPB
Sudah dilihat 71 kali

Komentar