10 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

27380 medium 6 magical tips to cope with migraine attacks


Sakit kepala sebelah (migrain) adalah salah satu dari 20 kondisi medis yang paling melumpuhkan di seluruh dunia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Anda bisa mencoba pengobatan rumahan untuk mengatasi sakit kepala sebelah ini.

Sakit kepala sebelah ditandai dengan nyeri berdenyut, biasanya terbatas pada satu sisi kepala saja yang cenderung memburuk dengan adanya pergerakan. Mereka biasanya berlangsung selama empat sampai 72 jam.

Gejala Migrain / Sakit Kepala Sebelah
Gejala-gejala cenderung bervariasi dari satu orang ke orang lain. Orang sering mengalami tanda-tanda peringatan sensorik seperti sedikit buta, kilatan cahaya, peningkatan kepekaan terhadap cahaya dan suara, kesemutan di lengan dan kaki, mual dan muntah.

Tanda-tanda seperti mudah marah, mengidamkan suatu makanan, leher kaku, sembelit dan sering menguap juga dapat terjadi beberapa hari sebelum serangan sakit kepala sebelah.

Sekitar 75 persen dari semua penderita sakit kepala sebelah memiliki riwayat keluarga dengan masalah yang melemahkan ini. Kondisi kompleks diduga disebabkan oleh perubahan dalam kimia otak.

Apa pemicu migrain?
Beberapa pemicu potensial untuk sakit kepala sebelah adalah alergi, stres, merokok, alkohol, cahaya terang, suara keras, bau yang kuat, melewatkan makan, dehidrasi, tidur tidak teratur, postur tubuh yang buruk, gula darah rendah dan fluktuasi hormon.

Meskipun diketahui tidak ada obat untuk sakit kepala sebelah, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan alami untuk mendapatkan kondisi lebih baik dari sakit kepala migrain dan mengurangi frekuensi migrain.

Berikut adalah 10 cara alami mengatasi sakit kepala sebelah (migrain).

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Cuka Sari Apel





Menjadi pusat dari sumber gizi, cuka sari apel membantu mengurangi sakit kepala sebelah. Cuka sari apel juga menawarkan manfaat kesehatan seperti membantu detoksifikasi, mengendalikan gula darah, mengatur tekanan darah tinggi, mengurangi nyeri tulang, membantu penurunan berat badan dan menghilangkan sembelit.

• Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel organik ke dalam segelas air.

• Campurkan dengan satu sendok makan madu.

• Minum ini setiap hari untuk mencegah serta mengatasi migrain.

Jika anda tidak biasa untuk mengkonsumsi cuka sari apel, mulailah dengan meminum satu sendok teh dan secara bertahap tingkatkan jumlah konsumsi. Selama serangan sakit kepala sebelah atau ketika anda merasa mereka datang, anda dapat meminum dua atau tiga sendok makan.

Cara Cepat Meredakan Sakit Kepala
Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Kompres Es


Menggunakan kompres es mungkin merupakan pengobatan rumahan yang paling populer untuk mengatasi ketegangan serta sakit kepala sebelah. Ini memiliki efek mati rasa yang meredakan rasa sakit.

• Bungkus beberapa es batu pada handuk bersih dan letakkan di pelipis, dahi dan / atau bagian belakang leher anda selama 10 sampai 15 menit. Ulangi seperlunya.

• Anda juga dapat mencoba kompres bolak-balik panas dan dingin selama sekitar 15 menit, selama diperlukan. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan minyak esensial lavender dan / atau peppermint ke dalam air untuk mengompres.

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Peppermint





Sifat anti-inflamasi dari peppermint membantu menenangkan saraf. Ditambah, memiliki efek anti kejang dan menenangkan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Ilmu Saraf tahun 2008 menemukan bahwa aroma ramuan ini menstimulasi perasaan yang berhubungan dengan pemulihan sakit kepala.

• Cukup minum teh peppermint yang dipermanis dengan madu. Ulangi seperlunya.

• Anda juga dapat memijat setiap pelipis anda dengan satu tetes minyak esensial peppermint atau kombinasi dari minyak peppermint dan lavender. Biarkan setidaknya selama 20 sampai 30 menit.

Lakukan ini beberapa kali sehari sampai anda merasa membaik.


Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Cabai Rawit


Cabai rawit adalah pengobatan rumah yang baik untuk sakit kepala sebalah karena merangsang sirkulasi dan meningkatkan aliran darah. Ditambah, mengandung capsaicin, senyawa yang bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

• Campurkan setengah sampai satu sendok teh cabai rawit dalam secangkir air hangat.

• Opsional, tambahkan air lemon dan madu untuk meningkatkan rasa serta manfaat kesehatan.

• Minum ini sesuai kebutuhan.

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Kamomil





Kamomil memiliki sifat anti-inflamasi, anti kejang, dan menenangkan yang membantu meringankan sakit kepala sebelah. Teratur minum teh kamomil juga dapat membantu mencegah masalah ini.

Ketika berhadapan dengan sakit kepala sebalah, anda akan mendapatkan hasil terbaik menggunakan kamomil Jerman (Matricaria recutita). Jadi, ketika membeli ramuan ini, cari label yang mengatakan “kamomil Jerman”.

• Rendam 2 sampai 3 sendok teh bunga kamomil kering dalam secangkir air panas selama beberapa menit. Anda juga dapat menambahkan sedikit air lemon dan madu. Saring dan minum teh ini tiga atau empat kali sehari sebagai bantuan dari gejala sakit kepala sebelah.

• Atau, siapkan teh herbal dengan seduhan jumlah yang sama dari kamomil, horehound dan meadowsweet dalam secangkir air panas setidaknya selama lima menit. Saring dan minum. Ulangi seperlunya.


Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Jahe





Sebuah studi di tahun 2013 yang diterbitkan dalam Penelitian Phytotherapy menunjukkan bahwa jahe terbukti efektif dalam pengobatan sakit kepala sebelah.

Jahe menghalangi prostaglandin, yaitu bahan kimia yang mempromosikan kontraksi otot, dampak hormon dan mengatur peradangan pada pembuluh darah di otak. Kebanyakan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), juga bekerja dengan mengurangi produksi bahan kimia ini.

• Minum teh jahe beberapa kali sepanjang hari sampai anda merasa lebih baik. Pastikan untuk minum pada awal sakit kepala anda.

• Cukup mengunyah sepotong jahe mentah juga akan membantu mengatasi masalah dan meringankan gejala seperti mual dan kesusahan pencernaan

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Feverfew





Feverfew adalah satu lagi pengobatan rumah yang efektif untuk sakit kepala sebelah yang telah digunakan selama berabad-abad. Herbal ini mengandung senyawa yang disebut parthenolide yang mengurangi kejang pada jaringan otot polos dan mencegah peradangan. Ini juga menetralisir prostaglandin yang mempengaruhi sinyal rasa sakit, sehingga mengurangi rasa sakit.

• Siapkan teh herbal dengan cara merendam masing-masing satu sendok teh daun peppermint kering dan daun feverfew dalam secangkir air panas selama 30 menit. Saring dan minum teh ini beberapa kali sepanjang hari. Lanjutkan sampai rasa sakit reda.

• Anda juga bisa makan dua atau tiga daun feverfew segar setiap hari atau minum kapsul daun kering (50 sampai 100 mg per hari). Konsultasikan dengan dokter anda sebelum memulai penggunaan suplemen.



Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Pijat


Memijat kepala membantu meredakan sakit kepala sebelah karena menghalangi sinyal nyeri yang dikirim ke otak. Hal ini juga meningkatkan aktivitas serotonin dan merangsang reseptor serotonin tertentu, sehingga mengurangi gejala serta frekuensi sakit kepala sebelah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Sejarah dari Perilaku Kedokteran pada tahun 2006 juga menemukan bahwa terapi pijat membantu dalam pengobatan sakit kepala sebelah.

• Pijat lembut kepala anda dengan dua jari anda pertama dalam gerakan melingkar. Sementara memijat, perlu diingat bahwa ada titik-titik tekanan di lokasi seperti dasar tengkorak, tengah dahi (antara alis) dan sudut mata yang bila ditekan dengan benar membantu mengurangi rasa sakit.

• Alternatif lain, panaskan dua sendok makan minyak wijen. Campur dalam setengah sendok teh masing-masing bubuk kayu manis dan bubuk kapulaga. Oleskan campuran ini pada dahi dan pijat. Biarkan selama beberapa jam sebelum mencucinya.

Ulangi salah satu dari pengobatan ini seperlunya. Juga, pijat teratur akan membantu mengurangi frekuensi dan durasi sakit kepala sebelah.

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Apel





Makan sebuah apel segera setelah anda mengalami tanda-tanda peringatan serangan sakit kepala sebelah dapat membantu mengurangi masalah ini. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bau apel hijau juga dapat membantu mengurangi sakit kepala sebalah yang parah dan mempersingkat episode sakit kepala sebelah, terutama bagi mereka yang menemukan bau menyenangkan.

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Dengan Kopi





Secangkir kopi yang kuat dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala sebelah. Kopi mengandung kafein yang membatasi pembuluh darah dan menghalangi reseptor tertentu yang dapat menyebabkan migrain.

Untuk meningkatkan efektivitas, tambahkan beberapa tetes air perasan lemon segar seperti melawan efek dari diet asam yang berkontribusi terhadap sakit kepala siklik.

Peringatan: Kafein dapat memicu sakit kepala sebelah pada beberapa orang. Juga, terlalu banyak kafein dapat memperburuk sakit kepala atau menyebabkan sakit kepala muncul kembali

Sebagai tambahan pengobatan ini, cobalah latihan relaksasi otot dan teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi. Ditambah, cukup tidur, makan diet rendah karbohidrat dan tinggi protein, menghindari makanan yang memicu serangan sakit kepala sebelah anda dan minum banyak air.
Sehatly.com
Sudah dilihat 82 kali

Komentar