Tubuh Bisa Kekurangan Kolesterol?

13 October 2016, 7:10
10 0 209
Gambar untuk Tubuh Bisa Kekurangan Kolesterol?
Kelebihan kolesterol dalam tubuh kurang baik, kekekurangannya juga berdampak kurang baik juga. Kolesterol rendah adalah kurangnya kadar kolesterol baik dalam darah. Kondisi di mana tubuh kekurangan kolesterol biasanya disebabkan karena seseorang terlalu takut untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Untuk itulah, pengetahuan tentang akibat kekurangan kolesterol dalam tubuh harus anda ketahui agar bisa menghindari berbagai macam penyakit yang muncul dalam tubuh. Berikut adalah penjelasan mengenai 7 akibat kekurangan kolesterol dalam tubuh.

Inilah bahaya dan akibat kekurangan kolesterol:

1. Kerusakan sistem saraf
Salah satu akibat kekurangan kolesterol adalah rusaknya sistem saraf dalam tubuh. Pada tahap ini, beberapa sistem tubuh akan mulai terganggu. Yang lebih menakutkan adalah apabila kekurangan kolesterol tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan kinerja otak tidak bisa berjalan dengan optimal akibat sistem tubuh tidak memberikan rangsangan atau respon tepat.

2. Pembekuan darah
Ini adalah salah satu hal yang terjadi akibat terganggunya sistem saraf. Akibat kekurangan kolesterol yang satu ini memang cukup berbahaya. Pembekuan darah terjadi pada bagian koroner serta arteri karotid bisa menyebabkan seseorang lebih besar berpeluang untuk terserang penyakit jantung dan stroke. Dengan kata lain, penyakit yang bisa diderita akibat kekurangan kolesterol tidak lebih baik dibandingkan dengan kelebihan kolesterol.

3. Pembekuan plak arteri
Arteri memang menjadi salah satu bagian tubuh yang rawan mendapatkan dampak buruk sebagai akibat kekurangan kolesterol. Rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan pembuangan zat jahat dalam darah terhambat. Dengan begitu, maka kadar zat jahat dalam darah tidak terkendali dan mengakibatkan bekunya plak arteri. Proses oksigenasi dalam darah pun juga terhambat. Ini adalah salah satu akibat kekurangan kolesterol yang harus diwaspadai karena apabila telah muncul dampak berupa plak di arteri, maka aliran darah ke seluruh organ tubuh, ginjal, dan otak pun akan terhambat.

4. Inflamasi atau peradangan
Setelah munculnya plak di bagian arteri, maka hal tersebut akan memicu munculnya plak-plak lain karena aliran darah tidak berjalan dengan sempurna. Hal ini akan mengakibatkan munculnya peradangan pada pembuluh darah.

5. Pecahnya pembuluh darah
Setelah terjadi peradangan di pembuluh darah dan tidak ada penanganan lebih lanjut terkait kurangnya asupan kolesterol dalam tubuh, maka akibat kekurangan kolesterol yang akan terjadi adalah pecahnya pembuluh darah. Hal ini karena proses peredaran sel darah merah serta sel darah putih terganggu dan terjebak di plak yang telah terbentuk. Tak lama kemudian akan terjadi pecahnya pembuluh darah akibat kekurangan kolesterol dan hal ini menyebabkan terjadinya pendarahan internal tubuh.

6. Aterosklerosis (Pengapuran)
Daerah arteri yang telah membentuk plak akan memunculkan akibat kekurangan kolesterol yang lainnya. Pada tingkat yang parah, akan terjadi pengapuran di daerah arteri. Aterosklerosis atau pengapuran adalah kondisi di mana penyumbatan aliran darah di arteri sudah masuk dalam kategori kronis. Kondisi inilah yang kemudian memicu munculnya gangguan kesehatan seperti gagal ginjal dan serangan jantung.

7. Disfungsi ereksi
Dampak negatif dari kekurangan kolesterol akan terus menjalar ke seluruh bagian tubuh lainnya, salah satunya adalah pada alat kelamin pria. Kekurangan kadar kolesterol dalam tubuh akan menimbulkan penurunan aliran darah ke organ reproduksi pria yang pada akhirnya membuat organ reproduksi tersebut tidak berfungsi lagi.SUmber: Warta Kesehatan

  Komentar untuk Tubuh Bisa Kekurangan Kolesterol?

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!