Tim Evaluasi LBS-PHBS Tingkat DIY Telah Menilai Kelurahan Wirogunan

23 October 2019, 15:14 WIB
1 0 17
Gambar untuk Tim Evaluasi LBS-PHBS Tingkat DIY Telah Menilai Kelurahan Wirogunan
Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Selasa (22/10/2019) dinilai Tim Evaluasi Lingkungan Bersih Sehat/LBS dan Perilaku Hidup Bersih Sehat/PHBS tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Tim evaluasi tingkat DIY akan melihat dan meng-evaluasi administrasi LBS dan PHBS untuk mencocokkan antara laporan yang diterima tim evaluasi dengan kondisi lapangan, disamping akan melihat kondisi lapangan di wilayah locus kegiatan. Locus kegiatan LBS dan PHBS berada di wilayah RW 08 Kampung Wirogunan, RW 01, RW 02 dan RW 03 Kampung Bintaran.

Tim Evaluasi berjumlah 10 orang diketuai dr. Siswatiningsih, S.U., diterima langsung oleh Camat Mergangsan Rini Rahmawati, yang didampingi Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, Ketua Tim Penggerak PKK Kel. Wirogunan, drh. Suparti Sukarno, Ketua LPMK Kel. Wirogunan, Abdul Razaq, sejumlah pengurus TP PKK Kota Yogyakarta, dan langsung menuju Pendopo Wiroguno. Tim juri disambut lagu “Selamat Datang di Wirogunan”, yang dinyanyikan oleh pengurus Paguyuban PAUD Wirogunan.

Hadir dalam pembukaan pelaksanaan evaluasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta, Ir. Edy Muhammad, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Retnaningtyas, SSTP, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Tri Mardaya, S.KM, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, S.IP., M.IP, Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, TP PKK Kota Yogyakarta, TP PKK se-Kec. Mergangsan, Ketua LPMK se-Kec. Mergangsan, Kader LBS-PHBS se-Kec. Mergangsan, dan Tokoh Masyarakat se-Kec. Mergangsan.

Kepala DPMPPA, Edy Muhammad yang mewakili Walikota Yogyakarta dalam sambutannya menjelaskan bahwa LBS dan PHBS Kel. Wirogunan siap dievaluasi oleh Tim Evaluasi Tingkat DIY, baik administrasi maupun kunjungan di lapangan. Evaluasi yang dilakukan oleh tim, akan menjadi masukan yang berarti bagi kader dan masyarakat di locus kegiatan.

Ketua Tim evaluasi Siswatiningsih dalam penjelasannya menyampaikan bahwa kunjungan di Kelurahan Wirogunan, yang mewakili Kota Yogyakarta dalam rangka mencocokan data dan laporan terkait pelaksana terbaik PHBS dan LBS tingkat Kota, bersama dengan empat Kabupaten lain di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan peninjauan ke lapangan ini, lanjut Siswatiningsih, tim akan mencocokan dan mengetahui apakah data dan laporan yang diterima tim evaluasi tingkat provinsi sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Ketua LPMK Kel. Wirogunan yang mewakili Kader LBS-PHBS Wirogunan, Abdul Razaq dalam paparannya menjelaskan bahwa penilaian meliputi administrasi yang terdiri dari administrasi LBS, PHBS, Bank Sampah, Yandu PKK, Dasa Wisma RT maupun RW, dan Hasil Daur Ulang Sampah. Disamping akan meninjau lapangan di wilayah RW 08 Kampung Wirogunan, RW 03, RW 02 dan RW 01 Bintaran Kel. Wirogunan. Peninjauan lapangan tersebut terdiri atas, pemanfaatan lingkungan, pemanfaatan lahan kosong, rumah sehat, Taman Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), Pokmair, Tanaman sepanjang jalan kampung di pinggiran kali code, baik tanaman toga maupun sayur, pengelolaan bank sampah, dan pemanfaatan lahan sempit serta tanaman sayur dan toga yang dikelola oleh Kelompok Tani Wanita "Rotu Asri" di wilayah RW 08.

Lebih lanjut, Abdul Razaq menjelaskan bahwa terdapat inovasi dalam kegiatan LBS-PHBS yang akan dinilai, yaitu SELANI (Sekolah Lanjut Usia), PPSN PAUD (Pasukan Pembasmi Sarang Nyamuk Pendidikan Anak Usia Dini) dan KOMET (Komposter Ember Tumpuk).

Sementara Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, menuturkan bahwa paparan yang disampaikan oleh Ketua LPMK tersebut adalah kondisi riil di masyarakat yang dirangkum, sebagai informasi awal kepada tim evaluasi, yang selanjutnya akan dicocokkan dengan kondisi riil di lapangan.

Lurah Wirogunan lebih lanjut menjelaskan, banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat atas kegiatan evaluasi ini. Tidak hanya kebersihan dan keindahan wilayah, namun yang paling mendasar adalah pemberdayaan masyarakat. Melalui evaluasi ini mampu membawa dampak besar bagi peningkatan kesehatan masyarakat, kebersihan lingkungan dan menjadi daya dorong masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat serta memanfaatkan rung kosong dan sempit untuk ditanam sayuran maupun toga. “Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kelurahan Wirogunan atas peran dan kontribusinya atas kegiatan ini", tuturnya. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TPPKKWirogunan
#LBSPHBS
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Tim Evaluasi LBS-PHBS Tingkat DIY Telah Menilai Kelurahan Wirogunan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!