Sewindu Manunggal Lestari Dimeriahkan Gerobak Sapi

10 September 2019, 12:07
1 0 6
Gambar untuk Sewindu Manunggal Lestari Dimeriahkan Gerobak Sapi
Gerobak sapi adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan. Tidak saja karena menyangkut moda transportasi kuna yang semakin langka, tetapi juga bisa dikembangkan penggunaannya untuk mendukung dunia pariwisata.

Demikian Ketua Paguyuban Gerobak Sapi "Manunggal Lestari" saat memberi sambutan pada acara HUT Ke-8 paguyuban di Lapangan Caturharjo, Sleman. Acara dihadiri 130an gerobak sapi baik dari Manunggal Lestari maupun Pager Merapi (Klaten), Makarti Rasa Manunggal (Kalasan), Guyup Rukun (Bantul), Andini Karya (Pakem), Langgeng Sehati (Prambanan).



Lebih jauh Suyitno berharap agar dengan peringatan ini bisa meningkatkan kesejahteraan anggota, masyarakat lebih mencintai, dan bisa dikembangkan untuk beragam kepentingan pariwisata. Selama ini, lanjut purnawirawan polisi ini, komunitas gerobak sapi Manunggal Lestari telah memiliki andil dalam mempopulerkan moda ini di Kabupaten Sleman.

Manunggal Lestari adalah perkumpulan gerobak sapi Sleman bagian barat, meliputi Gamping, Mlati, Sleman, Moyudan, Seyegan, Minggir, dan Tempel. "Kami selama ini mendapat fasilitasi dan dukungan baik dari Dinas Kebudayaan Sleman maupun Dinas Parwisata Sleman. Selain itu juga memperoleh kepercayaan dari beberapa desa wisata untuk menyambut tamu yang berniat mengikuti jelajah desa menggunakan gerobak sapi" tandasnya.

Sementara itu Kepala Seksi Sejarah Nilai dan Tradisi Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Anas Mubakhir dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan tahunan ini. "Kami mendukung pelestarian budaya yang menyangkut alat transportasi tradisional. Pengembangan kebudayaan tak hanya di bidang kesenian tetapi juga hal yang terkait langsung dengan kehidupan kita pada masa lalu". Lebih jauh disampaikan gerobak sapi adalah alat transportasi yang sudah melegenda sehingga sangat penting untuk dilestarikan dan diberdayakan untuk mendukung keberadaan desa-desa wisata.



Hadir dalam kesempatan itu Camat Sleman Mustadi, S.Sos,. M.M, Muspika Kecamatan Sleman, perangkat desa Caturharjo, komunitas fotografer, pengamat pariwisata, dan masyarakat di kawasan Sleman barat. Acara HUT Ke-8 Manunggal Lestari diwarnai dengan kirab gerobak sapi sejauh 5 km mengitari kawasan padusunan di Desa Caturharjo dan ditutup dengan pentas seni serta pembagian doorprize.

Sumber : Yogyapos.com

  Komentar untuk Sewindu Manunggal Lestari Dimeriahkan Gerobak Sapi

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!