seruan aksi jatam sulteng pencabutan ijin tambang dipetasia barat morowali utara

30 July 2019, 04:24 WIB
5 0 126
Gambar untuk seruan aksi jatam sulteng pencabutan ijin tambang dipetasia barat morowali utara
Berubah warna menjadi coklat kemerah merahan itulah ciri yang terlihat pada danau ngangan tiu yang merupakan danau yang juga terhubung dengan sungai laa, dimana masyarakat suku mori dan sekitarnya menggantungkan hidupnya dari hasil sungai tersebut.

Kini akibat aktivitas kegiatan pertambangan dihulu danau tiu, telah menyebabkan tercemarnya danau tersebut. Jatam sulteng juga mengatakan bahwa pada tahun 2016 dinas kelautan dan perikanan propinsi sulawesi tengah melepas 90 ribu ekor bibit ikan nilam yang diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi nelayan tradisional akan terancam punah atau mati.

akibat tercemarnya danau tiu dari aktivitas limbah pertambangan akan berdampak terhadap populasi ikan di danau tiu. Danau tiu dan sungai laa adalah sumber kehidupan nelayan tradisional dibeberapa desa lingkar tambang yang akan terkena dampak langsung dari pencemaran limbah tambang.

Hal tersebut yang menjadi alasan jatam sulteng dan beberapa aktivis pemuda morowali utara dilingkar tambang mendesak pencabutan ijin tambang dipetasia barat, dan peninjauan kembali beberapa ijin penambangan didaerah tersebut.

Heandly Pena Kreatif

  Komentar untuk seruan aksi jatam sulteng pencabutan ijin tambang dipetasia barat morowali utara

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!