Penyusunan Rencana Kontijensi di Kota Mataram

4 September 2019, 17:00
4 0 16
Gambar untuk Penyusunan Rencana Kontijensi di Kota Mataram
BNPB bersama dengan BPBD Kota Mataram dan Pemerintah Kota Mataram melaksanakan kegiatan penyusunan Rencana Kontinjensi Menghadapi Ancaman Gempabumi dan Tsunami di Kota Mataram, NTB. Kegiatan diselenggarakan selama lima hari, 1-5 September 2019.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten 2 bidang Pembangunan Pemerintah Kota Mataram, Mahmudin Tula (1/9). Penyusunan rencana kontinjensi ini melibatkan 41 orang yang merupakan perwakilan dari BPBD di Provinsi NTB, OPD di Kota Mataram, camat terdampak, akademisi, BUMN, TNI, Polri, NGO, PMI, RAPI, ORARI, dan organisasi masyarakat lainnya yang bergerak dalam penanggulangan bencana.

Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Bambang Surya Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa latar belakang penyusunan renkon, selain Kota Mataram memiliki risiko bencana, juga penyusunan renkon merupakan bagian dari pelayanan wajib dari Permendagri 101 tentang SPM.

Sejalan dengan hal tersebut, sedang disiapkan Inpres tentang Percepatan Penyusunan Renkon yang harus selesai disusun oleh daerah pada akhir tahun 2020. Renkon berisi tentang siapa melakukan apa dan tugas-tugas yang dilakukan dalam penanganan darurat bencana.

Renkon yang telah disusun nantinya harus diuji supaya dipahami oleh semua unsur dan direview kembali. Dapat dilakukan melalui Tabletop Exercise (TTX), simulasi/ geladi dan disahkan oleh pemerintah daerah. Pelaksanaan workshop penyusunan renkon dilakukan dengan metode partisipatif yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh peserta. Selain itu, mereka juga diminta untuk membawa data-data yang diperlukan dalam proses penyusunan renkon.

Sumber: Humas BNPB

  Komentar untuk Penyusunan Rencana Kontijensi di Kota Mataram

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!