Menyambut Hari Perdamaian Dunia

21 September 2019, 13:04 WIB
1 0 3
Gambar untuk Menyambut Hari Perdamaian Dunia
Dalam rangka menyambut Hari Perdamaian Dunia (World Peace Day) yang perayaannya diperingati tiap tahun pada tanggal 21 September, Fakultas Sosiologi Agama UIN Sumut menyelenggarakan Dialog Kebhinekaan (20/09/19).

Dalam acara itu, Lely Zailani sebagai salah satu Narasumber menyampaikan materi Perempuan dan Perdamaian. Apa yang ingin disampaikankan adalah tentang dua model pendekatan yang selalu digunakan perempuan dalam mengupayakan perdamaian, yaitu mendahulukan negosiasi dan menggunakan daya tariknya untuk tujuan perdamaiaan.

Sebagaimana ibu yang memiliki rahim untuk menumbuhkan janin dan melahirkannya dengan segenap hati, perempuan dikaruniai kecendrungan untuk mencurahkan kelembutan, welas asih dan kasih-sayang. Kedua hal inilah kekuatan yang dibutuhkan untuk menciptakan, memelihara dan memulihkan perdamaian di dunia.

Dunia mencatat setidaknya tiga perempuan pelopor perdamaian di dunia, antara lain Bunda Theresa, seorang biarawati Katholik yang mendirikan Sisters of Charity di India, dan mengabdikan dirinya untuk membantu kaum miskin dan orang yang sakit HIV/AIDS maupun TBC.

Master Cheng Yen, Bikkhuni (Thaiwan) yang merintis Tzu Chi, organisasi kemanusiaan yang telah menjangkau seluruh dunia yang mengalami bencana.

Chiara Lubich, seorang awam Katholik (Italia) berkaul yang mendirikan gerakan Focolare untuk mempromosikan perdamaian melalui dialog dialog antar iman.

Selain Lely, ada Bapak Irwansyah Betawi, Kaprodi Sosiologi Agama (IUN Sumut) dan Bang Veryanto Sitohang (Direktur ASB) yang juga menjadi Narasumber, dengan moderator Purjatian Azhar (Dosen Sosiologi Agama UIN SU).

Dihadiri oleh saratusan mahasiswi Sosiologi Agama dan Pelajar serta Dewan Guru dari Pesantren Alhidayah, seminar berlangsung cukup produktif bahkan tidak cukup waktu menjawan semua pertanyaan dari peserta. Bravo UINSU, khususnya Sosiologi Agama.***

  Komentar untuk Menyambut Hari Perdamaian Dunia

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!