Hati-hati Kurang Minum Berdampak Buruk

11 June 2019, 23:03 WIB
3 0 34
Gambar untuk Hati-hati Kurang Minum Berdampak Buruk
Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup. Selain untuk bertahan hidup, air juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap organ dan sel dalam tubuh juga membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Jika tubuh kekurangan air, maka penyakit siap menyerang tubuh Anda. Berikut ini beberapa akibat kurang minum air seperti dilansir dari Boldsky.

1. Darah tinggi
92% darah dalam tubuh terdiri dari air. Jika kita kekurangan air, maka darah cenderung kental dan hal ini akan menghambat aliran darah. Anda dapat terserang darah tinggi jika kurang minum air putih.

2. Kolesterol
Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat.

3. Masalah kulit
Kekurangan minum air dapat berakibat buruk pada kulit. Jika malas minum, tubuh tidak bisa mengeluarkan racun secara efektif. Kerutan dan bintik-bintik bisa muncul di kulit jika tubuh kekurangan cairan.

4. Sembelit
Sembelit dapat terjadi jika tidak minum cukup air. Makanan bergerak secara perlahan ke usus karena kandungan cairan dalam tubuh tidak mencukupi. Hal ini juga bisa menyebabkan masalah pencernaan.

5. Kelelahan
Ketika tubuh kekurangan cairan, aktivitas enzim dalam tubuh cenderung lebih lambat dari biasanya dan hal ini menyebabkan kelelahan.

6. Masalah pencernaan
Ketika tubuh kekurangan cairan dan beberapa mineral seperti kalsium dan magnesium, resiko terkena masalah pencernaan pun akan meningkat.

7. Masalah ginjal
Ketika tidak minum cukup air, tubuh tidak akan mengeluarkan racun secara maksimal. Hal ini akan menyebabkan jumlah racun dalam tubuh meningkat. Peradangan, nyeri serta masalah ginjal siap menyerang.

Itulah akibatnya jika tidak minum cukup air. Maka dari itu, minumlah 8 gelas air setiap hari agar terhindar dari masalah kesehatan.

Sumber: Warta Kesehatan

  Komentar untuk Hati-hati Kurang Minum Berdampak Buruk

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!