Dampak KARHUTLA terus memburuk, PMI Pusat berikan arahan khusus

16 September 2019, 1:20
1 0 6
Gambar untuk Dampak KARHUTLA terus memburuk, PMI Pusat berikan arahan khusus
Jakarta, 16 September 2019: Sudah lebih 2 bulam lamanya, terjadi kebakaran hutan dan lahan di hampir aemua wilayah Sumatra dan kalimantan. korban terus berjatuhan. Tidak hanya manusia, namun juga flora dan fauna habis seketika. Berbagai upaya pemerintah dan Organisasi Masyarakat untuk memadamkan Api Kebakaran Hutan dan Lahan terus dilakukan. Namun begitu satu sumber api berhasil dipadamkan, muncul sumber api lainnya. Laksana sebuah duka yang tiada ujungnya. Perlu penanganan serius dan kesadaran semua pihak yang membakar termasuk orang orang dibelakangnya untuk menghentikan aksinya.

Mencermati situasi terakhir dampak Kebakaran Hutan dan Lahan yg terus meluas dan memburuk, kami menyampaikan arahan dan himbauan teknis.

Pertama, agar semua komponen PMI dan relawan khususnya di wilayah terdampak agar bekerja keras memberikan layanan yg terbaik bagi warga terdampak Karhutla utamanya bantuan pertolongan dan penyelamatan korban kegawatdarutan Karhutla.

Kedua, Seluruh PMI Kab kota di wilayah terdampak agar menggerakan ambulan dan team medis nya untuk melakukan layanan kesehatan keliling termasuk juga melakukan evakuasi rujukan pasien yang memerlukan tindakan medis segera.

Ketiga, bagi yang masih memiliki stok masker agar mendistribusikan masker khususnya bagi kelompok rentan seperti lansia dan ibu hamil, balita dan anak anak.

Kewmpat, Bila diperlukan, Markas PMI masing masing agar difungsikan sebagai ruang sehat bebas asap yang menyediakan layanan kesehatan juga dukungan tabung oksigen bagi warga yang memerlukan penanganan kegawatdaruratan.

Surat Edaran resmi Pengurus Pusat PMI akan dikirimkan segera. Sambil menunggu SEE tsb, arahan dan himbauan ini agar digunakan sbg acuan operasi. (Arifin MH, Kadiv PB Markas Pusat PMI).

  Komentar untuk Dampak KARHUTLA terus memburuk, PMI Pusat berikan arahan khusus

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!