BIMTEK KEAMANAN PANGAN SEKOLAH

23 May 2019, 08:47 WIB
2 0 223
Gambar untuk BIMTEK KEAMANAN PANGAN SEKOLAH
Loteng(23/05/2019). Dalam rangka Program Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah, Balai Besar POM ( BP POM) Mataram mengadakan Bimtek Keamanan Pangan Sekolah. Peserta Bimtek ditarget adalah Kepala Sekolah, Perwakilan Guru serta Pengelola Kantin Sekolah di Semua Sekolah di Lombok Tengah baik dari SD/ Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/SMK/Sederajat. Kegiatan ini dimulai jam 08.00 s/d jam 15.00 wita.

Kegiatan Bimtek Keamanan Pangan Sekolah ini sangat penting dilakukan mengingat Keberhasilan Anak anak didik dalam belajar juga dipengaruhi prosentase nya oleh Keamanan pangan yang dikonsumsi anak didik. Ketika Anak didik kita mengkonsumsi jajanan yang kurang bersih dan kurang baik tentu asupan gizi yang dibutuhkan berkurang atau bahkan akan menimbulkan penyakit bagi mereka. Makanan yang mengandung bakteri berasal dari makanan yang kotor, dan juga dari tempat penyimpanan yang juga kotor.
BP POM dalam laporannya menjelaskan bahwa Pangan diamanatkan dalam UU merupakan kebutuhan dasar kita, Banyak temuan Badan Pom adanya pangan dan jajanan di sekolah yang tidak higienis. Berdasarkan temuan ini maka Badan POM mengadakan pengawasan serta program program intervensi Keamanan pangan. Keamanan Pangan ini menjadi isu nasional dan menjadi program prioritas. Program Intervensi seperti sekarang ini diharapkan bisa mengintervensi 383 Sekolah yang ada di NTB. Khusus di Lombok Tengah sekitar 100 an sekolah. Kenapa harus sekolah? Badan POM memahami bahwa keterlibatan pihak sekolah sangat penting dalam upaya tumbuh kembang anak melalui intervensi Jajanan Sekolah. Kegiatan ini terintegrasi dengan UKS. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari sekian rangkaian kegiatan PJAS ( Pangan Jajanan Anak Sekolah) yang sebelumnya telah diadakan diskusi dengan stakeholder seperti Dinas Pendidikan. Kedepannya akan diadakan uji petik di sekolah sekolah. Bimbingan Teknis untuk mendapatkan Piagam Bintang Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah dengan syarat mendapat predikat laik sehat. bekerja sama dengan dinas kesehatan.

Dalam. mengawasi PJAS ini tentu saja punya kendala terutama dari pedagang yang berada di lingkungan sekitar sekolah yang sifatnya mobile. Dalam akhir laporannya BP POM menyatakan kegiatan ini tidak sampai disini akan ada lanjutan komunikasi antara BP POM dan Peserta.

Kegiatan hari ini dihadiri oleh Asisten I setda Lombok Tengah Ir. Haji Lalu Muh.Amin, MM. Beliau secara resmi membuka kegiatan Program Intervensi Keamanan PJAS. Pak Lalu Muh. Amin Menjelaskan jangan sampai anak anak kita menjadi korban karena makanan yang tidak baik. Jadi kegiatan ini diharapkan bisa menjaga dan menyelamatkan generasi kita. Karna salah makan pengaruhnya sangat besar bagi anak kita, salah satu contoh penyebab stunting adalah kurangnya asupan gizi pada pangan Jajanan Anak Sekolah. Pada akhir sambutannya Pak Haji Lalu Muh. Amin sangat berharap kegiatan ini diikuti dengan baik dan semangat mengingat pentingnya acara ini untuk generasi anak bangsa.

Bimtek ini juga melibatkan Dinas Kesehatan Kab. Lombok Tengah sebagai salah satu Leading Sektor yang menangani dan mengawasi Kesehatan Pangan Jajanan Anak Sekolah. Narasumber lain juga dari BP POM akan memberikan materi penting lainnya.

#RamadhanBerkah #AtmaGoNTB

  Komentar untuk BIMTEK KEAMANAN PANGAN SEKOLAH

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!