Biasakan Anak Makan Buah & Sayur

23 August 2019, 15:30
2 0 39
Gambar untuk Biasakan Anak Makan Buah & Sayur
Pihak Kementerian Kesehatan RI telah mengungkapkan beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh remaja Indonesia dan ikut mengancam masa depan mereka. Empat masalah kesehatan yang sering dialami remaja Indonesia diantaranya kurang zat besi (anemia), kurus (kurang energi kronis), kegemukan (obesitas), dan tinggi badan kurang (stunting).

Guna mendukung edukasi dan kampanye kesehatan serta gizi remaja menuju generasi tinggi, cerdas dan berprestasi sekaligus mengurangi maupun mengatasi masalah kesehatan yang dialami remaja Indonesia, Kemenkes menyarankan untuk rajin mengonsumsi buah dan sayur sejak usia dini demi terbiasa dengan pola makan bergizi seimbang hingga masa remaja, lanjut ke dewasa bahkan lanjut usia.

Karena itu Kemenkes mengeluarkan tips atau juru agar anak mau makan buah dan sayur sejak dini. Pertama ialah dengan menyajikan hidangan potongan buah dengan bentuk unik agar menarik perhatian anak. Berikutnya dengan mengenalkan buah manis terlebih dulu. Sejatinya, bila mengenalkan terlebih dulu buah-buahan rasa asam, bertekstur keras, atau kurang menarik pada anak nantinya mereka tidak akan mau memakan buah lagi.

Kemudian ada baiknya sajikan buah dan sayur dalam modifikasi hidangan seperti sup buah, puding buah, dan salad. Juga orang orang harus konsisten menyisipkan buah dan sayur ke dalam bekal sekolah anak, lalu tak lupa mengajak anak saat mempersiapkan sajian buah dan sayur. Terakhir dan tak kalah penting adalah orang tua wajib mencontohkan kepada anak mereka saat makan buah dan sayur guna membangun motivasi anak mengonsumsi buah dan sayur.

Sumber: Indonesia Baik (Kemenkominfo RI)

  Komentar untuk Biasakan Anak Makan Buah & Sayur

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!