Waspadai Kebakaran di Puncak Musim Kemarau 2019

24 July 2019, 10:29 WIB
6 1 212
Gambar untuk Waspadai Kebakaran di Puncak Musim Kemarau 2019
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak kemarau di Indonesia akan terjadi pada bulan Agustus sampai September 2019. Pernyataan ini diperoleh dari cuitannya di laman Twitter resmi BMKG saat menjawab pertanyaan warganet.

BMKG juga menyatakan musim kemarau akan lebih kering dan panas terasa lebih terik dibanding tahun sebelumnya sehingga potensi kebakaran lebih tinggi. Karena itu, wilayah yang rawan mengalami kebakaran, baik pemukiman, lahan dan hutan agar lebih waspada.

"Waspadai kekeringan di periode musim kemarau ini, karena diprediksi kemarau tahun ini lebih kering dari tahun sebelumnya," ujar Kepala Subbidang Analisis Informasi Iklim BMKG Pusat Adi Ripaldi.

Dampak musim kemarau saat ini, seperti kekeringan, kelangkaan air tanah dan kebakaran, sudah cukup dirasakan warga di sejumlah daerah. Kondisi ini tentunya tak lepas dari fenomena El Nino yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah hingga Timur yang kemudian berdampak sampai ke beberapa daerah di Indonesia. Karena itu, warga diharapkan agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana yang timbul di puncak musim kemarau tahun ini.

Bila terjadi kebakaran atau bencana lainnya, warga diharap segera menghubungi nomor layanan darurat Jakarta Siaga 112.


Disarikan dari berbagai sumber.
Foto: Kebakaran di Jalan RR Martadinata Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (24/7/2019).

  1 Komentar untuk Waspadai Kebakaran di Puncak Musim Kemarau 2019

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar