Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Ceramah Wasbang Di SMAN 1 Gondang

11 September 2019, 8:19
1 0 2
Gambar untuk Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Ceramah Wasbang Di SMAN 1 Gondang
Mojokerto, - Untuk membantu mewujudkan generasi muda yang berkarakter, Koramil 0815/18 Gondang melalui Bati Tuud Pelda Rudy Suhartono dan Babinsa Serda Nur Hidayat membekali materi PBB dan wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi Siswa-siswi SMAN 1 Gondang, Jalan Raya Pugeran Nomor 61, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (10/09/2019).

Kegiatan diawali dengan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh Serda Nur Hidayat, meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan dilanjutkan materi tata upacara bendera oleh Pelda Rudy Suhartono dan Serda Nur Hidayat.

Tidak hanya sebatas materi PBB dan tata upacara bendera, Personel Koramil 0815/18 Gondang juga membekali wawasan kebangsaan dan kepemimpinan bagi 75 orang siswa-siswi Kelas X – XI SMAN 1 Gondang yang menjadi peserta Latihan Dasar Kepemimpinan & Managemen Siswa (LDKMS) yang bertema “Satukan Niat Bulatkan Tekad, Bergerak Cepat, Membangun Dengan Tepat".

Disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan seseorang untuk tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku. Demikian disampaikan Pelda Rudy Suhartono saat mengawali materi Wasbang bertajuk “Membentuk Sikap Disiplin”.

Terkait dengan Kepemimpinan, Pelda Rudy menjelaskan konsep kepemimpinan atau yang dikenal dengan semboyan pendidikan Ki Hadjar Dewantara, yakni Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani, yang artinya di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan.

“Kepemimpinan sebagai konsep managemen dalam kehidupan organisasi yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara ini sampai saat ini masih dikenal dan diajarkan di kalangan dunia pendidikan,” ungkap pria kelahiran Mojokerto.

Sebelum mengakhiri materinya, Pelda Rudy mengajak para siswa agar membekali diri dengan ilmu agama da ilmu pengetahuan sehingga menjadi generasi yang bermoral, disiplin, unggul dan tangguh serta tetap memiliki sikap toleran dan semangat gotong royong.

Untuk melatih kekompakan dan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, saat ishoma, para siswa-siswa peserta LDKMS juga diharuskan makan siang bersama dengan didampingi Bati Tuud, Babinsa dan guru pendamping.

Terpisah, Danramil 0815/18 Gondang, Kapten Inf Wiyanto, saat ditemui di Makoramil Gondang, Rabu (11/09) mengungkapkan, pembekalan materi PBB dan wawasan kebangsaan di sekolah-sekolah bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai disiplin, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, bagi para siswa. “Melalui Wasbang ini dimaksudkan agar pada diri siswa-siswi tertanam nilai-nilai disiplin, semangat kebangsaan dan cinta tanah air,” ungkap Danramil.

  Komentar untuk Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Ceramah Wasbang Di SMAN 1 Gondang

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!