54 Perusahaan Diduga Cemari Sungai Cileungsi Bogor

28 February 2019, 18:03 WIB
0 0 66
Gambar untuk 54 Perusahaan Diduga Cemari Sungai Cileungsi Bogor
Oleh : Husnul Khatimah

CIBINONG, AYOBOGOR.COM—Sebanyak 54 perusahaan diduga telah mencemari Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor. Hal itu terungkap saat Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya mengadakan pertemuan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho mengatakan, pertemuan yang membahas penanganan pencemaran Sungai Cileungsi itu juga dihadiri oleh DLH Provinsi Jawa Barat dan Ditjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK).

"Dalam pertemuan itu DLH Kabupaten Bogor mengaku telah menerima laporan dari Ditjen PPKL KLHK bahwa adanya dugaan pencemaran Sungai Cileungsi yang dilakukan oleh 54 perusahaan," ujar Teguh saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (28/2/2019).

Teguh mengatakan, terkait dugaan perusahaan pencemar itu, DLH Kabupaten Bogor telah melakukan beberapa tindakan berupa sanksi administratif dan penindakan terhadap tindak pidana ringan atas pelanggaran Perda Nomor 05 tahun 2014 tentang ketertiban umum.

Sementara itu, Gakkum KLHK, kata Teguh, mengaku mendapat 8 laporan terkait perusahaan pencemar Sungai Cileungsi. Akibatnya satu perusahaan dikenakan sanksi administratif dan diproses untuk penegakan hukum pidana serta dua perusahaan diproses untuk dikenakan sanksi administratif.

"Kemudian lima perusahaan lainnya sedang dalam proses penegakan hukum dan pembinaan oleh DLH Kabupaten Bogor," kata Teguh.

Di sisi lain, Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya sendiri, dikatakan Teguh, akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dan Bareskrim Polri untuk meminta bantuan terkait penanganan tindak pidana pencemaran di Sungai Cileungsi.

"Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya juga bersedia dalam melakukan pengawasan sidak terhadap beberapa perusahaan yang melakukan tindak pidana pencemaran di Sungai Cileungsi," katanya.

Sungai Cileungsi sendiri dikabarkan telah tercemar sejak 2018. Akibatnya air menjadi berwarna hitam dan sempat menimbulkan bau. Dampak lainnya adalah tidak dapatnya PDAM Patriot memproduksi air baku minum bagi warga Bekasi.

  Komentar untuk 54 Perusahaan Diduga Cemari Sungai Cileungsi Bogor

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!